PENGARUH HARGA, KEPERCAYAAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Tahun 2020-2022)

DANANG, TRI CAHYADI (2023) PENGARUH HARGA, KEPERCAYAAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Tahun 2020-2022). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DANANG TRI CAHYADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Harga adalah jumlah uang yang ditukarkan konsumen dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan suatu produk/jasa. Kepercayaan merupakan pondasi utama dari suatu bisnis. Suatu transaksi bisnis antara dua pihak atau lebih akan terjadi apabila masing-masing saling mempercayai satu sama lain. Kualitas produk merupakan suatu kemampuan produk dalam melakukan fungsi�fungsinya, kemampuan itu meliputi daya tahan, kehandalan, ketelitian, yang diperoleh produk dengan secara keseluruhan. Keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian sebuah produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga, kepercayaan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Dengan jumlah variabel bebas sebanyak 3 variabel yaitu Harga (X1), Kepercayaan (X2), Kualitas Produk (X3), variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y). Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner online google form kepada pengguna E-Commerce Tokopedia pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Tahun 2020-2022. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna E-Commerce Tokopedia pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Tahun 2020-2022. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan diolah menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Tokopedia. Kata Kunci: Harga, Kepercayaan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian. iii ABSTRACT Price is the amount of money that consumers exchange for the benefits of owning or using a product/service. Trust is the main foundation of a business. A business transaction between two or more parties will occur if each trusts the other. Product quality is a product's ability to perform its functions, this ability includes durability, reliability, accuracy, which is obtained by the product as a whole. Purchasing decisions are actions taken by consumers to purchase a product. The aim of this research is to analyze the influence of price, trust, product quality on the purchasing decisions of Tokopedia E-Commerce users. This research uses a quantitative approach method. With a total of 3 independent variables, namely Price (X1), Trust (X2), Product Quality (X3), the dependent variable is Purchase Decision (Y). The data used is primary data by distributing an online Google Form questionnaire to Tokopedia E-Commerce users among FEBI UIN Raden Intan Lampung students for 2020-2022. The population in this study were all Tokopedia E-Commerce users, FEBI UIN Raden Intan Lampung students in 2020-2022. The sample used was 100 people using purposive sampling technique. The data analysis used was processed using SmartPLS 4. The results of this study indicate that the price variable has a positive and significant effect on purchasing decisions of Tokopedia E-Commerce users, trust has a positive and significant effect on purchasing decisions of Tokopedia E-Commerce users, product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions of Tokopedia E-Commerce users. Keywords: Price, Trust, Product Quality, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:35
Last Modified: 13 Dec 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31534

Actions (login required)

View Item View Item