PENERAPAN EMPLOYER BRANDING DAN EMPLOYEE VALUE PROPOSITION UNTUK MENCIPTAKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM (Studi Pada Karyawan PT Colombus Multisarana Bandar Lampung)

Destin, Fitria Anjayani (2023) PENERAPAN EMPLOYER BRANDING DAN EMPLOYEE VALUE PROPOSITION UNTUK MENCIPTAKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM (Studi Pada Karyawan PT Colombus Multisarana Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESTIN FITRIA ANJAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia merupakan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan untuk memberikan jasa setiap satuan waktu yang berguna untuk menghasilkan produk berupa barang maupun jasa yang dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun perusahaan. PT Colombus Bandar Lampung salah satu perusahaan yang bergerak di dunia perdagangan jual beli cash dan kredit elektronik dan furniture memiliki permasalahan bahwa setiap tahun dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2022 nilai turnover-nya melebihi 10%. Jika tingkat turnover tahunan dalam suatu perusahaan melebihi dari 10%, dapat dikategorikan tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan pekerja yang ada, perusahaan harus selalu menciptakan suatu penawaran dari internal yang bisa meningkatkan loyalitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan employer branding, penerapan employee value proporsition, dampak penerapan employer branding dan employee value proporsition terhadap employee engagement, penerapan employer branding dan employee value proposition untuk menciptakan employee engagement dalam perspektif manajemen bisnis islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan employer branding dan employee value proporsition untuk menciptakan employee engagement pada PT Colombus Bandar Lampung. Hasil penelitian ini adalah PT Colombus dalam employer branding, dan employee value proporsition terhadap employee engangement adalah dengan melakukan komunikasi dua arah yaitu internal dan external. PT Colombus memiliki lingkungan kerja yang ramah, sehingga menumbuhkan rasa nyaman. Lingkungan kerja yang ramah dan perbaikan secara terus menerus telah karyawan rasakan pada saat PT Colombus merumuskan employee value proporsition. hasil lainnya menyimpulkan bahwa PT Colombus perusahaan sangat berfokus pada employee engagement, secara tertulis PT Colombus mendapat engagement yang cukup baik di persentase 85% sesuai dengan hasil penelitian. Kata Kunci: Employer Branding, Employee Value Proporsition, Employee Engagement. iii ABSTRACT Human resources are the workers with the ability to provide services per unit of time that are useful for producing products in goods or services that can be beneficial for themselves and the company. PT Colombus Bandar Lampung as one of the companies in electronics and furniture trading, has turnover value exceeds 10%. It is categorized as high annual turnover. One solution to retain existing workers is creating attractive internal offers that can increase employee loyalty. This research aims to determine the application of employer branding, the application of employee value proportion, the impact of the application of employer branding and employee value proportion on employee engagement, and the application of employer branding and employee value proposition strategies to create employee engagement from an Islamic business management perspective. This research uses a qualitative approach. This research describes the application of employer branding and employee value proportion to create employee engagement at PT Colombus Bandar Lampung. The results of this research show that PT Colombus in employer branding and employee value proportion towards employee engagement are achieved by carrying out two-way communication, namely internal and external. PT Colombus has a friendly work environment, which creates a feeling of comfort. Employees feel a friendly work environment and continuous improvement when PT Colombus formulates employee value proportions. Other results conclude that PT Colombus is a company that really focuses on employee engagement. In PT Colombus gets quite good engagement at a percentage of 85%, according to the research results. Keywords: Employer Branding, Employee Value Proporsition, Employee Engagement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:32
Last Modified: 13 Dec 2023 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31533

Actions (login required)

View Item View Item