PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK SIMPANAN BANK SYARIAH (STUDI PADA GURU YAYASAN PONDOK PESANTREN DAARUL FATAH DI DESA SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR)

Nanda, Adelia Azani (2023) PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK SIMPANAN BANK SYARIAH (STUDI PADA GURU YAYASAN PONDOK PESANTREN DAARUL FATAH DI DESA SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NANDA ADELIA AZANI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NANDA ADELIA AZANI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini di negara Indonesia ada banyak bank yang kegiatannya menggunakan prinsip syariah atau biasa disebut dengan bank syariah. Meskipun demikian masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui sepenuhnya mengenai produk simpanan yang ada di bank syariah, bunga bank dan bagi hasil. Kurangnya peran bank syariah yang seharusnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai sistem bank syariah dan produk-produknya sehingga masyarakat juga tidak mempunyai pengetahuan lebih mengenai bank syariah secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan bunga bank serta pengetahuan bagi hasil terhadap minat guru Yayasan Pondok Pesantren Daarul Fatah dalam menggunakan produk simpanan bank syariah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang dikembangkan dengan skala likert. Sampel peneltian diambil dengan metode purposive sampling dengan besar sampel 33 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik jawaban. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis yaitu uji t dan f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk dengan nilai uji statistik t menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 2,038 > ttabel 1,69913, pengetahuan bunga bank dengan nilai uji statistik t yang telah dilakukan menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 3,443 > ttabel 1,69913 serta pengetahuan bagi hasil dengan nilai statistik t yang telah dilakukan menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 7,125 > ttabel 1,69913 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat guru Yayasan Pondok Pesantren Daarul Fatah dalam menggunakan produk simpanan bank syariah. Sedangkan variabel pengetahuan produk, pengetahuan bunga bank serta pengetahuan bagi hasil secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat guru Yayasan Pondok Pesantren Daarul Fatah dalam menggunakan produk simpanan bank syariah dengan uji F menunjukkan bahwa Fhitung 114,029 > Ftabel 2,934. Kata Kunci: Minat, Pengetahuan Produk, Pengetahuan Bunga Bank, Pengetahuan Bagi Hasil ii ABSTRACT Currently in Indonesia there are many banks whose activities use sharia principles or are usually called sharia banks. However, there are still many people who do not fully understand the products available at sharia banks and how sharia banks operate. There is still minimal knowledge regarding savings products in Islamic banks, bank interest and profit sharing. The lack of role of sharia banks which should provide socialization to the public regarding the sharia banking system and its products so that the public does not have more knowledge about sharia banks as a whole. The aim of this research is to analyze the influence of product knowledge, In this research the author used quantitative methods. Data collection in this research used a questionnaire developed using a Likert scale. The research sample was taken using a purposive sampling method with a sample size of 33 respondents. Data analysis in this research uses descriptive analysis to determine the characteristics of the answers. The tests used in this research are validity and reliability tests, classical assumption tests, namely normality tests, multicollinearity tests, multiple linear regression tests and hypothesis tests, namely t and f tests. The results of this research show that the product knowledge variable with the t statistical test value shows that the tcount value is 2.038 > ttable 1.69913, knowledge of bank interest with the t statistical test value that has been carried out shows that the tcount value is 3.443 > ttable 1.69913 and knowledge for The results with the t statistical value that have been carried out show that the t value of 7.125 > t table 1.69913 partially has a positive and significant effect on the interest of Daarul Fatah Islamic Boarding School teachers' interest in using sharia bank savings products. Meanwhile, the variables product knowledge, knowledge of bank interest and knowledge of profit sharing together have a positive and significant effect on the interest of Daarul Fatah Islamic Boarding School teachers' interest in using Islamic bank savings products with the F test showing that Fcount is 114.029 > Ftable 2.934. Keywords: Interest, Product Knowledge, Bank Interest Knowledge, Profit Sharing Knowledge

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:09
Last Modified: 13 Dec 2023 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31514

Actions (login required)

View Item View Item