PENGARUH DISCOUNT, VIRAL MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP IMPULSE BUYING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen PT Rasa Aryaguna Sejahtera Abadi)

MERI, APRIYA (2023) PENGARUH DISCOUNT, VIRAL MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP IMPULSE BUYING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen PT Rasa Aryaguna Sejahtera Abadi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, perilaku konsumen telah mengalami perubahan signifikan. Pembelian impulsif telah menjadi fenomena yang menarik perhatian. Fenomena ini dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk promosi diskon, viral marketing, dan peran brand ambassador. Perilaku konsumtif ini menyebabkan kecendrungan masyarakat untuk melakukan konsumsi tanpa batas yang dapat menyebabkan seseorang melebihi anggaran keuangan konsumen, konsumen sering kali tidak lagi membeli barang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi lebih untuk memuaskan keinginan yang diciptakan oleh budaya konsumsi dan konsumerisme hal ini dapat mengakibatkan masalah keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. Pembelian impulsif juga dapat memicu keinginan konsumsi yang berlebihan, hal ini tentunya tidak mencerminkan tindakan dan perilaku konsumen muslim sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari tiga faktor utama, yaitu diskon, viral marketing, dan brand ambassador terhadap impulse buying pada konsumen PT Rasa Aryaguna Sejahtera Abadi dalam perpektif bisnis islam. Penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif dengan melibatkan survei kepada 77 responden yang merupakan sampel dari konsumen PT Rasa Aryaguna Sejahtera Abadi dengan berbagai latar belakang dan preferens melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa discount berpengaruh positif terhadap impulse buying. Viral marketing berpengaruh positif terhadap impulse buying. Brand ambassador juga berpengaruh positif terhadap impulse buying. Kemudian discount, viral marketing dan brand ambassador berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying. Ditunjukan dengan tingkat kontribusi variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 98,3% dan sisanya dipengaruhi variable lain diluar penelitian yakni sebesar 1,7% . Kata Kunci: diskon, pemasaran viral, brand ambassador, impulse buying, strategi pemasaran. iii ABSTRACT In the era of globalization and technological advancement, consumer behavior has undergone significant changes. Impulse buying has become an intriguing phenomenon, influenced by various factors such as discount promotions, viral marketing, and the role of brand ambassadors. This consumptive behavior tends to lead society towards unrestricted consumption, potentially causing individuals to exceed their financial budgets. Consumers often no longer purchase goods for daily needs but rather to satisfy desires created by consumer culture and consumerism, resulting in both short-term and long-term financial problems. Impulse buying can also trigger excessive consumption desires, which do not align with the expected actions and behaviors of Muslim consumers. This research aims to investigate the influence of three main factors – discount, viral marketing, and brand ambassadors – on impulse buying among consumers of PT Rasa Aryaguna Sejahtera Abadi from the perspective of Islamic business. The study adopts a quantitative approach, involving a survey of 77 respondents who represent a sample of consumers from PT Rasa Aryaguna Sejahtera Abadi with various backgrounds and preferences, using a research instrument in the form of a questionnaire. The research findings conclude that discounts have a positive impact on impulse buying, viral marketing positively influences impulse buying, and brand ambassadors also have a positive effect on impulse buying. Furthermore, discounts, viral marketing, and brand ambassadors collectively have a significant impact on impulse buying. This is indicated by the contribution level of variable X to variable Y, which is 98.3%, with the remaining 1.7% influenced by other variables outside the scope of this study. Keywords: discount, viral marketing, brand ambassador, impulse buying, marketing strategy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:03
Last Modified: 13 Dec 2023 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31513

Actions (login required)

View Item View Item