PENGARUH EKUITAS MEREK, KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasisiwa Pengguna Smartphone Merek iPhone di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

ALDI, FITRIANSYAH (2023) PENGARUH EKUITAS MEREK, KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasisiwa Pengguna Smartphone Merek iPhone di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKIRPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKIRPSI ALDI FITRIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Zaman modern seperti sekarang ini menuntut perusahaan berusaha menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen dengan kualitas dan merek yang baik. Perusahaan yang ingin memenangkan persaingan dituntut untuk terus berusaha menghasilkan produk yang mampu memuaskan kebutuhan konsumen. Untuk itu perusahaan harus jeli memilih strategi pemasaran yang mampu menghasilkan kepuasan secara maksimal kepada konsumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah diuji. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sampel yang dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan sampel 99 responden. Uji prasarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji analisis linear berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan IBM SPSS versi 23. Hasil dari penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Ekuitas merek (X1) dan kesadaran merek (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek smarthphone merek Iphone, dan variabel citra merek (X) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas merek (Y). Secara simultan, ekuitas merek dan persepsi kemanfaatan memiliki pengaruh secara positif terhadap preferensi penggunaan e-money GoPay. Berdasarkan hasil output SPSS 23 diatas dapat diketahui bahwa diperoleh R square sebesar 0,472. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh ekuitas merek (X1), kesadaran merek (X2), Citra Merek (X3) secara simultan terhadap variabel loyalitas merek (Y) sebesar 47%. Sehingga variabel independent yang digunakan mampu menjelaskan sebesar 47% variabel dependen. Sedangkan sisanya yaitu 53% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini. Kata Kunci: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek. ABSTRACT Modern times like today require companies to try to produce products needed by consumers with good quality and brands. Companies that want to win the competition are required to continue trying to produce products that are able to satisfy consumer needs. For this reason, companies must be smart in choosing marketing strategies that are able to produce maximum satisfaction for consumers. This type of research is quantitative research. Data collection uses a questionnaire method that has been tested. The population in this study were students of the Faculty of Islamic Economics and Business. The sample was carried out using a random sampling technique with a sample of 99 respondents. The analysis prerequisites test uses the normality test, multicollinearity test and heteroscedasticity test. Hypothesis testing uses multiple linear analysis tests, T test, F test and coefficient of determination. The data obtained was processed using IBM SPSS version 23. The results of the partial research show that the brand equity (X1) and brand awareness (X2) variables have a positive and significant influence on brand loyalty for the iPhone brand smartphone, and the brand image variable (X) does not have a positive and significant influence on the brand loyalty variable (Y). . Simultaneously, brand equity and perceived usefulness have a positive influence on preferences for using GoPay e-money. Based on the SPSS 23 output results above, it can be seen that the R square is 0.472. This shows that the influence of brand equity (X1), brand awareness (X2), Brand Image (X3) simultaneously on the brand loyalty variable (Y) is 47%. So the independent variable used is able to explain 47% of the dependent variable. Meanwhile, the remaining 53% is influenced by other variables not included in this research. Keywords: Brand Equity, Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:08
Last Modified: 12 Dec 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31483

Actions (login required)

View Item View Item