PENGARUH INOVASI PRODUK, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDUSTRI KERAJINAN TANGAN MINIATUR TRUK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus CV Doris Abadi Jl. Sungai Langka desa Bernung, kecamatan Gedong Tataan kabupaten Pesawar)

ABIP, FAHMI ADZ (2023) PENGARUH INOVASI PRODUK, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDUSTRI KERAJINAN TANGAN MINIATUR TRUK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus CV Doris Abadi Jl. Sungai Langka desa Bernung, kecamatan Gedong Tataan kabupaten Pesawar). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ABIP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan besarnya ekspetasi pertumbuhan sektor ekonomi kreatif, kita dihadapkan dengan tantangan untuk dapat menstimulasi terciptanya bentuk-tentuk kreativitas yang memiliki nilai yang lebih tinggi, termasuk ekonomi dan kontribusinya bagi perekonomian. CV Doris Abadi merupakan perusahaan usaha ekonomi kreatif masyarakat Pesawaran yang kegiatan operasional sehari-harinya produksi miniatur truk dengan sentuhan kearifan lokal masyarakat sekitar. Miniatur truk atau yang lebih sering dikenal diecast truk adalah model miniature yang terbuat dari logam, kayu, plastic ataupun fiber. CV Doris abadi beralamatkan di Jl. Sungai Langka desa Bernung, kecamatan Gedong Tataan kabupaten Pesawaran. CV Doris Abadi berdiri pada tahun 2017. Perkembangan zaman memaksa setiap perusahaan untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat dan konsumen yang semakin kritis dalam memilih produk, menuntut perusahaan untuk lebih inovatif dalam menghasilkan suatu produk. Selain inovasi produk, satu hal yang menjadi daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian adalah dengan brand atau citra merek yang dimiliki produk tersebut. Selain inovasi produk dan citra merek, produsen harus mempertimbangkan aspek kualitas yang akan mendukung posisi produk di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kunatitatif dengan jumlah sampel sebanyak 45 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengujian parsial variabel inovasi produk diperoleh nilai thitung inovasi produk adalah 1,704, sedangkan nilai ttabel adalah 2,01954. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi produk sebagai XI secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di CV Doris Abadi. Sedangkan untuk variabel X2 citra merek dan X3 kualitas produk secara positif dan signifikan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian di CV Doris Abadi dengan nilai thitung masing�masing 3,54.2 dan 9,904. Kata Kunci: Inovasi Produk, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian iii ABSTRACT With the high expectations for growth in the creative economy sector, we are faced with the challenge of being able to stimulate the creation of forms of creativity that have a higher value, including the economy and its contribution to the economy. CV Doris Abadi is a creative economy business company for the Pesawaran community whose daily operational activities are the production of miniature trucks with a touch of local wisdom from the surrounding community. Miniature trucks or more commonly known as diecast trucks are miniature models made of metal, wood, plastic or fiber. CV Doris Abadi immortal is located at Jl. Sungai Langka, Bernung village, Gedong Tatan sub-district, Pesawaran district. CV Doris Abadi was established in 2017. The times have forced every company to be ready to face increasingly fierce business competition. Increasingly fierce competition and consumers who are increasingly critical in choosing products, require companies to be more innovative in producing a product. In addition to product innovation, one thing that attracts consumers to make purchases is the brand or brand image of the productIn addition to product innovation and brand image, manufacturers must consider quality aspects that will support the product's position in the market. This study aims to determine the effect of product innovation, brand image, and product quality on purchasing decisions in the perspective of Islamic economics. The research method used in this study is a quantitative method with a sample of 45 respondents. The data used are primary data and secondary data obtained from observations, interviews, questionnaires and documentation. The results of this study can be said that the partial test of product innovation variables obtained tcount product innovation is 1.704, while the value of ttable is 2.01954. This shows that product innovation as XI partially has no effect on consumer purchasing decisions at CV Doris Abadi. Meanwhile, the variables X2 brand image and X3 product quality have a positive and significant partial effect on purchasing decisions at CV Doris Abadi with t-values of 3.54.2 and 9.904, respectively. Keywords: Product Innovation, Brand Image, Product Quality, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:26
Last Modified: 11 Dec 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31447

Actions (login required)

View Item View Item