PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PUBLISITAS DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA LAYANAN JASA GRAB-FOOD DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Layanan Jasa Grab-Food Di Bandar Lampung)

DENDI, ASWAN SAPUTRA (2023) PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PUBLISITAS DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA LAYANAN JASA GRAB-FOOD DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Layanan Jasa Grab-Food Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DENDI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of DENDI ASWAN SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring berjalannya waktu perkembangan bisnis di dalam bidang layanan jasa akan bersaing dengan sangat ketat. Masing- masing perusahaan akan membangun strategi bisnisnya secara kreatif dan berlomba memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komponen-komponen manajemen pemasaran yaitu bagaimana E-Service Quality, Publisitas, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari pengguna aplikasi grabfood. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner terhadap para pengguna aplikasi grabfood, sedangkan data sekunder didapatkan melalui dokumen�dokumen yang menunjang penelitian ini. Metode pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan software SmartPLS versi 4.0.9.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Pada variabel E- Service Quality menghasilkan p-value sebesar 0.296 dan t-statistic sebesar 1.045.Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara langsung tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. publisitas mendapatkan nilai p-value sebesar 0.042 dan t�statistic sebesar 2.038. Hasil pengujian hipotesis yang didapatkan yaitu publisitas berpengaruh positif dan signifikan Loyalitas Pengguna. Hasil pengujian hipotesis yang didapatkan p-value sebesar 0.000 dan t-statistic sebesar 8.533 yaitu Promosi berpengaruh positif dan signifikan Loyalitas Pengguna. Grabfood telah melaksanakan nilai-nilai tersebut yang dapat dilihat dari tujuan perusahaan yang selalu memberikan pelayanan dengan komitmen dan kesungguhan, pelayanan yang diberikan tidak mengandung unsur penipuan dan layanan yang diberikan sesuai dengan SOP yang ada, mitra maupun driver yang bekerja di layanan grabfood ini selalu bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya masing-masing. Kata Kunci : E-Service Quality, Publisitas, Promosi, Loyalitas Pengguna. ABSTRACT Over time, business development in the field of service will compete very fiercely. Each company will build its business strategy creatively and compete to provide the best according to the needs of its customers. This study aims to find out how the implementation of marketing management components, namely how E-Service Quality, Publicity, and Promotion to Customer Loyalty. This study used a quantitative approach. The population in this study was 100 people consisting of grabfood application users. Data collection techniques in this study used primary data and secondary data. Primary data was obtained through the distribution of questionnaires to grabfood application users, while secondary data was obtained through documents that supported this study. The method of processing and analyzing data in this study using SmartPLS software version 4.0.9.0. The results of data analysis showed that the E-Service Quality variable produced a p-value of 0.296 and t-statistic of 1.045.The test results showed that service quality directly did not have a significant effect on customer loyalty. Publicity gets a P-value of 0.042 and a T�statistic of 2.038. The results of the hypothesis testing obtained are that publicity has a positive and significant effect on User Loyalty. The results of hypothesis testing obtained a p-value of 0.000 and a t�statistic of 8.533, namely Promotion has a positive and significant effect on User Loyalty. Keywords: e-service quality, publicity, promotion, user loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:35
Last Modified: 08 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31428

Actions (login required)

View Item View Item