ANALISIS SWOT TERHADAP BISNIS THRIFTING DI MEDIA SOSIAL TIK-TOK DI TINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Akun Tik-Tok @kacestore)

Yogi, Riskianto (2023) ANALISIS SWOT TERHADAP BISNIS THRIFTING DI MEDIA SOSIAL TIK-TOK DI TINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Akun Tik-Tok @kacestore). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRPSI Yogi Riskianto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Media sosial Tiktok Shop adalah wadah belanja online yang lebih fokus pada kemudahan pengguna, serta praktis dengan mengintegrasikan platform social. Namun dalam praktiknya terdapat beberapa oknum penjual pakaian bekas di tik-tok yang memiliki ketidakjelasan dalam pelaksanaannya, seperti mengenai kualitas pakaian yang dijual serta bentuk asli dari pakaian yang dijualnya. Ketidakjelasan tersebut dikhawatirkan menjadi sesuatu yang gharar. Tak hanya gharar, namun biasanya jual beli pakaian bekas adalah pakaian yang berasal dari impor luar negeri, yang kemungkinan berpotensi membahayakan kesehatan, sehingga hal tersebut tidak aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat Dari latar belakang masalah tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi SWOT terhadap bisnis thrifting di sosial media Tiktok ditinjau dari perspektif bisnis islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 partisipan yang diambil dari pengikut akun Tiktok kacestore. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak (stratified random sampling). Berdasarkan hasil dari kuesioner yang diperoleh dari para konsumen dan calon konsumen apabila dilihat dari ke-empat indikator SWOT, telah diterapkan oleh pelaku usaha pada akun tiktok kacestore. Dapat dilihat dari jawaban pertisipan berdasarkan indikator SWOT strength (kekuatan) menurut harga produk terjangkau, weakness (kelemahan) menurut kurangnya kemampuan dalam menyediakan barang, opportunity (peluang) menurut dukungan trend produk yang terus berkembang, threats (ancaman) menurut banyaknya penjual serupa. Terlihat bahwa penerapan SWOT dalam praktik jual beli pada akun kacestore dapat dikatakan sudah terealisasi dengan baik, hal ini menunjukkan bahwa pelaku usaha kacestore terdapat kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang. Lalu dari hasil kuesioner dan wawancara dapat disimpulkan bahwa pada pelaku usaha kacestore telah menerapkan penjualan thrifting menurut perspektif bisnis islam, dan sudah menerapkan sifat-sifat Rosulullah SAW yang terdiri dari siddiq, amanah, tabligh, fathonah. Kata Kunci : SWOT, Tik-Tok, Thrifting, Perspektif Bisnis Islam. ABSTRACT Social media Tiktok Shop is an online shopping container that focuses more on user convenience, as well as being practical by integrating social platforms. However, in practice there are several unscrupulous sellers of used clothing on tik-tok who have unclear implementation, such as regarding the quality of the clothes being sold and the original form of the clothes they are selling. The ambiguity is feared to be something thatgharar. Not only gharar, but usually buying and selling of used clothes are clothes that come from foreign imports, which may have the potential to endanger health, so that it is not safe for consumption by the public. The thrifting business on Tiktok social media is reviewed from an Islamic business perspective. In this study using qualitative research methods. This research is a field research (field research). The sample in this study was 100 participants who were taken from Tiktok kacestore account followers. The sampling technique in this study used stratified random sampling. Based on the results of the questionnaires obtained from consumers and potential customers, when viewed from the four SWOT indicators, business actors have applied them to the tiktok kacestore account. It can be seen from the participants' answers based on SWOT indicators, strength according to affordable product prices, weaknesses according to the lack of ability to provide goods, opportunities according to the support of product trends that continue to grow, threats according to the number of similar sellers. It can be seen that the application of SWOT in buying and selling practices on kacestore accounts can be said to have been well realized, this shows that the kacestore business actors have strengths, weaknesses, threats and opportunities. Then from the results of the questionnaires and interviews it can be concluded that the store business actors have implemented thrifting sales according to an Islamic business perspective, and have implemented the characteristics of the Prophet Muhammad which consist of siddiq, amanah, tabligh, fathonah. Keywords: SWOT, Tik-Tok, Thrifting, Islamic Business Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:09
Last Modified: 06 Dec 2023 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31399

Actions (login required)

View Item View Item