PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU E-BOOK SOCIOSCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

Muhammad, Fadilah Akbar (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU E-BOOK SOCIOSCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of HALAMAN AWAL, BAB 1, BAB 2 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Akbar Full Revisi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu E-Modul Socioscientific Issue untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi peserta didik. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian berupa Posttest Only Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar observasi. Sebelum instrument digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji realibilitas dan uji hipotesis dengan pendahuluan uji normalitas dan homogenitas. Pada lembar observasi kemampuan komunikasi peserta didik mendapatkan hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase yaitu sebesar 85,61% untuk kelas eksperimen. Sedangkan untuk hasil nilai rata-rata pada kelas kontrol bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase sebesar 47,73%. Kemudian Pada lembar observasi kemampuan kolaborasi peserta didik mendapatkan hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase yaitu sebesar 86,49% untuk kelas eksperimen. Sedangkan untuk hasil nilai rata-rata pada kelas kontrol bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase mendapatkan nilai sebesar 39,39%. Bedasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi dan kolaborasi peserta didik pada kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Flippedd Classroom berbantu E-Book Socioscientific Issue dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Konvensional berbantu buku cetak IPAS. Kata kunci : Model pembelajaran Flipped Classroom, Kemampuan komunikasi, kemampuan kolaborasi, peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:43
Last Modified: 06 Dec 2023 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31380

Actions (login required)

View Item View Item