Ratna, Setiawati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Keterampilan generik sains memiliki peranan penting dalam pembelajaran sains, karena keterampilan generik sains sebagai keterampilan dasar sebelum menerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun faktanya keterampilan generik sains peserta didik masih dalam kategori kurang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan PhET simulation terhadap keterampilan generik sains. Penelitian ini termasuk penelitian quasy experiment, dengan pretest-postest control group design. Sampel penelitian berjumlah 62 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Keterampilan generik sains diukur melalui 15 item soal essai pada materi momentum dan impuls dan observasi kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil uji hipotesis independent sample t-test diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,001 (sig<0,05) yang artinya terdapat perbedaan nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, uji paired sample t-test diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05) yang artinya terdapat perbedaan keterampilan generik sains peserta didik dari sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan PhET simulation efektif dalam meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik. Kata Kunci: Keterampilan generik sains, Laboratorium virtual, Problem Based Learning, Simulasi PhET.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:26 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:44 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31339 |
Actions (login required)
View Item |