PENGARUH RELIGIUSITAS, SERTIFIKAT HALAL DAN PAPARAN INFORMASI TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT PADA PRODUK MAKANAN HALAL (Studi pada Masyarakat di Kota Bandar Lampung)

SINTA, MAK’IBAH (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS, SERTIFIKAT HALAL DAN PAPARAN INFORMASI TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT PADA PRODUK MAKANAN HALAL (Studi pada Masyarakat di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SINTA MAK’IBAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini kesadaran masyarakat untuk memilih, membeli dan mengkonsumsi produk-produk halal masih rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil pra survey yang telah peneliti lakukan diketahui bahwa khususnya pada masyarakat kota Bandar Lampung yang sadar akan produk halal hanya sebesar 40% sedangkan sisanya 60% menyatakan bahwa dirinya kurang sadar terhadap produk halal yang tertera pada produk makanan, oleh karena itu kesadaran masyarakat Bandar Lampung terhadap produk halal masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah religiusitas, sertifikat halal dan paparan informasi berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat pada produk makanan halal pada masyarakat di kota Bandar Lampung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah religiusitas, sertifikat halal dan paparan informasi berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat pada produk makanan halal pada masyarakat di kota Bandar Lampung baik secara parsial maupun simultan. Penelitain ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form pada masyarakat di kota Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS for Windows versi 26 dalam pengolahan data. Hasil penelitian menujukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan, sertifikat halal berpengaruh positif dan signifikan dan paparan informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran masyarakat pada produk makanan halal pada masyarakat di kota Bandar Lampung. Serta secara bersama-sama religiusitas, peran sertifikat halal dan paparan informasi berpengaruh secara simultan terhadap kesadaran masyarakat pada produk makanan halal pada masyarakat di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Religiusitas, Sertifikat Halal, Paparan Informasi, Kesadaran Masyarakat. iii ABSTRACK Currently, public awareness to choose, buy and consume halal products is still low. This is proven based on the results of the pre�survey that researchers have conducted, it is known that especially in the people of Bandar Lampung city, only 40% are aware of halal products, while the remaining 60% stated that they are less aware of halal products listed on food products, therefore awareness the people of Bandar Lampung towards halal products are still lacking. The formulation of the problem in this study is whether religious belief, the role of halal certification and information exposure affect public awareness of halal food products in the community in the city of Bandar Lampung either partially or simultaneously. This study aims to determine whether religious belief, the role of halal certification and information exposure affect public awareness of halal food products in the community in the city of Bandar Lampung either partially or simultaneously. This research uses quantitative methods. The data collection technique used a questionnaire distributed via Google form to the community in the city of Bandar Lampung. The sample in this study amounted to 100 respondents. The sampling technique uses purposive sampling which is calculated using the slovin formula. The method of data analysis in this study uses the help of the SPSS for Windows version 26 program in data processing. The results of the study show that religious belief has a positive and significant effect, the role of halal certification has a positive and significant effect and exposure to information has a positive and significant effect on public awareness of halal food products in the community in the city of Bandar Lampung. As well as simultaneously religious belief, the role of halal certification and information exposure simultaneously influence public awareness of halal food products in the community in the city of Bandar Lampung. Keywords: Religiosity, Halal Certificate, Information Exposure, Public Awareness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:31
Last Modified: 30 Nov 2023 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31307

Actions (login required)

View Item View Item