PENGARUH IKLAN, WORD OF MOUTH (WOM) DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK KOSMETIK EMINA DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

NELI, ANGGRAINI (2023) PENGARUH IKLAN, WORD OF MOUTH (WOM) DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK KOSMETIK EMINA DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NELI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan zaman bagi konsumen segmen wanita, kosmetik adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Kosmetik sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan terutama para wanita. Produk kosmetik banyak beredar dipasaran dengan beragam merek, konsumen dapat memilih secara bebas produk kosmetik berdasarkan merek yang diminati, salah satu merek kosmetik yang bisa dkonsumsi yaitu seperti produk Kosmetik Emina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Iklan, Word Of Mouth (WOM) dan Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang Produk Kosmetik Emina. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2019 dan 2020 berjumlah 336 responden dengan kriteria pernah menggunakan merek kosmetik Emina. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability yaitu purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Social Product Of Social Science). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel iklan, word of mouth (WOM) dan brand awareness secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk Emina pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2019 dan 2020. Dalam perspektif bisnis Islam terhadap minat beli ulang pada produk kosmetik Emina diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya, namun manusia diperintahkan untuk mengonsumsi barang atau jasa yang halal dan baik saja secara wajar, tidak berlebihan. Memenuhi kebutuhan ataupun keinginan tetap diperbolehkan selama hal itu mampu menambah mashlahah atau tidak mendatangkan mudharat. Kata Kunci : Iklan, Word Of Mouth, Brand Awareness, Minat Beli Ulang iv ABSTRACT As time goes by, for the female consumer segment, cosmetics are a necessity that cannot be avoided. Cosmetics have become an inseparable part of life, especially for women. There are many cosmetic products on the market with various brands. Consumers can freely choose cosmetic products based on the brand they are interested in. One of the cosmetic brands that can be consumed is Emina Cosmetics products. This research aims to find out whether advertising, word of mouth (WOM) and brand awareness have a positive and significant effect on repurchase interest in Emina cosmetic products. This research uses a quantitative approach. This research was conducted on students from the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung, Class of 2019 and 2020, totaling 336 respondents with the criteria of having used the Emina cosmetics brand. Sampling in this research used a non-probability technique, namely purposive sampling. Data collection used in this research was by using a questionnaire with a Likert scale. Data processing was carried out using the SPSS (Social Product of Social Science) program. The results of the research show that the variables advertising, word of mouth (WOM) and brand awareness partially and simultaneously have a positive and significant effect on the interest in repurchasing Emina products among students at the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung class of 2019 and 2020. In an Islamic business perspective, interest in repurchasing Emina cosmetic products is permitted to fulfill their needs or desires, but humans are ordered to consume goods or services that are halal and good in moderation, not excessively. Fulfilling needs or desires is still permitted as long as it increases mashlahah or does not bring harm. Keyword : Advertising, Word of Mouth, Brand Awareness, Repurchase Intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:05
Last Modified: 30 Nov 2023 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31305

Actions (login required)

View Item View Item