EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAS AL-HIDAYAT KABUPATEN PESAWARAN

ANGGUN, LIA PUTRI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAS AL-HIDAYAT KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANGGUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MAS Al-Hidayat Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen.Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, sebelum di beri perlakuan (treatment) kelas kontrol dan kelas ekperimen diberi pretest untuk mengetahui kemampuan keadaan awal keduanya, selanjutnya setelah pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen diberikan perlakuan (Treatment) masing-masing yaitu kelas eksperimen menggunakan model SETS dan kelas kontrol menggunakan model konvensional, setelah masing-masing diberikan perlakuan lalu di selanjutnya kedua kelas diberi postest untuk membandingkan hasil perlakuan yang diberikan. Hasil dan analisis dari penelitian ini yaitu Model SETS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dari hasil uji hipotesis mendapatkan hasil yaitu: thitung>ttabel yaitu 9,360 >1,697 artinya H0 ditolak bila nilai signifikan 0,05 dan Ha diterima jika nilai signifikan 0,05. Sesuai dengan tabel nilai signifikan sebesar 0,000 untuk kemampuan berpikir kritis yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dari uji Effect Size mendapat perolehan effect size sebesar 1,6 maka termasuk dalam kategori tinggi, hal ini menunjukkan bahwa model SETS efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kesimpulan dari penelitian ini yaitu membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society), kemampuan berpikir kritis. IV ABSTRACT The purpose of this study was to determine the Effectiveness of SETS (Science, Environment, Technology, Society) Learning Model on Critical Thinking Ability of Students Class XI MAS Al-Hidayat Pesawaran Regency. The method used This research uses a quantitative approach. The type of research used in this research is quasi-experimentation. The design used is Pretest-Posttest Control Group design. In this design there are two groups selected randomly, before being given treatment, the control class and the experimental class are given a pretest to determine the ability of the initial state of both, then after the pretest the control class and the experimental class are given treatment (Treatment) each, namely the experimental class using the SETS model and the control class using a conventional model, after each treatment is given, then the two classes are given a postest to compare the results of the treatment given. The results and analysis of this study are that the SETS Model is effective for improving critical thinking skills, as shown by the results of the hypothesis test, namely: tcount>ttable, namely 9.360>1.697, meaning that H0 is rejected if the significant value is 0.05 and Ha is accepted if the significant value is 0.05. In accordance with the table, the significant value is 0.000 for critical thinking skills, which means that Ha is accepted and H0 is rejected. From the Effect Size test obtained an effect size of 1.6, it is included in the high category, this shows that the SETS model is effective on the critical thinking skills of students. The conclusion of this study is to prove that critical thinking skills after using the SETS Learning Model (Science, Environment, Technology, Society) effectively improve critical thinking skills. Keywords: SETS Learning Model (Science, Environment, Technology, Society), critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:07
Last Modified: 29 Nov 2023 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31301

Actions (login required)

View Item View Item