PERAN AGAMA DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA SEMESTER AKHIR PADA PENYELESAIAN SKRIPSI (Studi Kasus Mahasiswa Akhir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung)

WIRA, BHAKTI MANGGALA PUTRA (2023) PERAN AGAMA DALAM MENGATASI DEPRESI MAHASISWA SEMESTER AKHIR PADA PENYELESAIAN SKRIPSI (Studi Kasus Mahasiswa Akhir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Wira bhakti untuk Perpus Pusat.pdf] PDF
Download (511kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa Akhir merupakan seseorang yang telah melewati semua mata kuliah di perkuliahan. Mahasisiwa akhir Strata 1 memiliki tuntutan berupa Skripsi untuk mendapatkan gelar Sarjana. Dalam penyelesaiannya, tidak semua mahasiswa lancar dalam mengerjakannya. Hal-hal yang berkaitan dengan penyelesaian skripsi terdapat beberapa faktor yang menghambat mahasiswa dalam proses penyelesainnya, seperti adanya masalah-masalah pada individu, keluarga, lingkungan maupun masalah pada literatur dan dosen. Adanya faktor-faktor penghambat diatas mahasiswa memiliki solusi dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dan mencari ketenangan jiwa akibat Depresi. Kecenderungan memecahkan masalah pada depresi, mahasiswa umumnya mencari ketenangan melalui beberapa hal seperti mendekatkan diri pada Agama ataupun dengan mencari kesibukan lain. Hal-hal inilah yang kemudian menimbulkan permasalahan yang ingin digali dan diteliti. Kemudian membawa pada pertanyaan seperti bagaimana faktor depresi mahasiswa semester akhir pada penyelesaian skripsi dan bagaimana peran agama dalam mengatasi depresi mahasiswa semester akhir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Prosedur pengumpulan data untuk mendukung penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini melibatkan sepuluh mahasiswa akhir dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang sedang berada pada fase penyelesaian Skripsi. Hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung dalam proses penyelesaian skripsinya memiliki kendala yang yang membuat depresi mahasiswa sehingga menghambat pada kelulusannya. Depresi yang menghambat mahasisiwa akhir dalam mengerjakan Skripsi terdapat dua Faktor yakni adanya Faktor Internal seperti kurangnya motivasi serta adanya masalah keluarga dan Faktor Ekternal seperti mahasiswa kuliah sambil bekerja, kurangnya literatur yang terkait dengan judul Skripsi, dosen yang terlalu sibuk, hingga jarak menjadi faktor lain yang menghambat mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Beberapa mahasiswa didapatkan bahwasanya ketika depresi akibat tugas akhir memiliki solusi dalam mencari ketenangan jiwa melalui Agama seperti memperbaiki kualitas sholat, puasa sunnah, sholat sunnah, membaca Al-Quran, maupun mendengarkan musik Religi dan melalui alam maupun olahraga menjadi solusi lain dalam mencari ketenangan. Kata Kunci: Mahasiswa Akhir, Skripsi, Depresi, dan Agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:55
Last Modified: 28 Nov 2023 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31267

Actions (login required)

View Item View Item