PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP DESTINATION LOYALTY DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Wisatawan Pantai Mutun Sebagai Destinasi Wisata)

Adam, Ma’ruf (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP DESTINATION LOYALTY DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Wisatawan Pantai Mutun Sebagai Destinasi Wisata). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ADAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kunjungan wisatawan lokal maupun domestik yang datang ke kabupaten Pesawaran mengalami pola kunjungan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Wisatawan lokal maupun domestik yang datang ke kabupaten pesawaran pada tahun 2018 adalah 1.155.857 orang yang mengalami kenaikan dari tahun 2016 (744.100 orang) dan 2017 (928.500 orang) dan di tahun 2019 adalah 1.387.029 orang yang mengalami kenaikan dan tahun 2020 adalah 873.829 orang mengalami penurunan yang diakibatkan covid�19, sedangkan untuk tahun 2021 adalah 1.135.978 orang mengalami peningkatan saat hari raya idul fitri dan nataru. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian mengenai kepercayaan, kepuasan wisatawan terhadap destination loyalty pada wisatawan pantai mutun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif , tujuannya untuk menguji suatu hipotesis yang telah digunakan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada wisatawan pantai mutun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan pantai mutun dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Roscoe. Hasil analisis penelitian didapatkan bahwa Kepercayaan berpengaruh terhadap destination loyalty wisata pantai mutun, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji signifikasi parsial (Uji T) untuk variabel kepercayaan (X1) yang memperoleh nilai thitung sebesar 5,974 > ttabel 1,985 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kepuasan wisatawan tidak berpengaruh terhadap destination loyalty wisata pantai mutun, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji analisis signifikansi parsial (Uji T) variabel kepuasan wisatawan (X2) yang memperoleh nilai thitung sebesar 1,777 < ttabel 1,985 dengan nilai signifikansi sebesar 0,079 > 0,05. Kepercayaan dan kepuasan wisatawan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap destinatin loyalty wisata pantai mutun, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji signifikasi simultan (Uji F) yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (117,027 > 3,089) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara simultan kepercayaan (X1) dan kepuasan wisatawan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap destination loyalty wisata pantai mutun. Kata Kunci : Kepercayaan, Kepuasan Wisatawan, Destination Loyalty. iv ABSTRACT Local and domestic tourist visits to Pesawaran district have experienced quite a significant pattern of visits in recent years. Local and domestic tourists who came to Pesawaran district in 2018 were 1,155,857 people, which increased from 2016 (744,100 people) and 2017 (928,500 people) and in 2019 there were 1,387,029 people who experienced an increase and in 2020 it was 873,829 people experienced a decrease due to Covid-19, while for 2021 there were 1,135,978 people who experienced an increase during the Eid al-Fitr and Nataru holidays. In this case the authors conducted research on trust, tourist satisfaction with destination loyalty in Mutun beach tourists. This study uses quantitative research methods, the aim is to test a hypothesis that has been used. In this study using data collection techniques by distributing questionnaires to the Mutun beach tourists. The sample used in this study was 100 respondents. The population in this research is the Mutun beach tourists with the sampling technique using the Roscoe formula. The results of the research analysis found that trust had an effect on the destination loyalty of Mutun beach tourism, this was shown by the results of the partial significance test (T test) for the trust variable (X1) which obtained a tcount value of 5.974 > ttable 1.985 with a significance value of 0.000 <0.05 . Tourist satisfaction has no effect on destination loyalty to Mutun beach tourism, this is shown by the results of the partial significance analysis test (T test) for the tourist satisfaction variable (X2) which obtains a tcount of 1.777 < ttable of 1.985 with a significance value of 0.079 > 0.05. Tourist trust and satisfaction simultaneously have a positive and significant effect on the loyalty destination of the Mutun beach tourism, this is shown by the results of the simultaneous significance test (F test) which obtained a value of Fcount > Ftable (117.027 > 3.089) with a significance value of 0.000 <0.05. This shows that simultaneously trust (X1) and tourist satisfaction (X2) have a positive and significant effect on destination loyalty to Mutun beach tourism. Keywords : Trust, Tourist Satisfaction, Destination Loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:11
Last Modified: 28 Nov 2023 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31246

Actions (login required)

View Item View Item