ANALISIS IMPLEMENTASI GREEN PACKAGING TERHADAP PERKEMBANGAN SMALL BUSINESS BERDASARKAN NILAI�NILAI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA COFFESHOP)

DANNE, JULEO PRASETIA (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI GREEN PACKAGING TERHADAP PERKEMBANGAN SMALL BUSINESS BERDASARKAN NILAI�NILAI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA COFFESHOP). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DANNE JULEO PRASETIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam konteks bisnis modern yang semakin sadar lingkungan, penerapan green packaging menjadi semakin penting dalam pengembangan usaha skala kecil. Permasalahan ini muncul seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap dampak lingkungan dari kegiatan bisnis, sehingga mengidentifikasi strategi yang tepat untuk mengintegrasikan produk ramah lingkungan dengan pertumbuhan usaha menjadi esensi yang tak terelakkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana Implementasi Green Packaging terhadap Perkembangan Small Business pada usaha Coffeshop? dan bagaimana Implementasi Green Packaging terhadap Perkembangan Small Business pada usaha Coffeshop berdasarkan Etika Bisnis Islam? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Coffeeshop 1000cc dalam menerapkan green packaging dengan cara menggunakan kemasan yang dapat digunakan berulang kali. Sementara pelanggan yang membawa wadah minuman sendiri diberikan reward berupa diskon sebesar 10% untuk setiap pembelian yang dilakukan. Kemudian untuk Doka Coffee, kemasan yang digunakan untuk minuman merupakan kemasan yang dapat digunakan berulang kali. Sementara kemasan untuk makanan menggunakan kemasan yang berbahan dasar paper kraft yang sepenuhnya dapat didaur ulang dan ramah lingkungan. Keberhasilan Coffeeshop 1000cc dan Doka Coffee dalam mengimplementasikan green packaging menegaskan bahwa konsistensi dalam praktik berkelanjutan dapat menciptakan dampak luar biasa bagi perkembangan small business. Coffeeshop 1000cc dan Doka Coffee sukses menerapkan green packaging berdasarkan etika bisnis Islam melalui tindakan konkret iii yang mencerminkan prinsip-prinsip keseimbangan, kesejahteraan, tanggung jawab sosial, dan kebaikan. Langkah seperti mengurangi plastik sekali pakai dan memberi diskon untuk pelanggan yang membawa wadah sendiri tidak hanya berdampak pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga menjadi contoh positif dalam membangun bisnis yang bertanggung jawab secara etika dan lingkungan. Kata Kunci: Green Packaging dan Small Business. iv ABSTRACT In the context of modern business which is increasingly environmentally conscious, the application of green packaging is becoming increasingly important in the development of small scale businesses. This problem arises in line with increasing consumer awareness of the environmental impact of business activities, so identifying the right strategy for integrating environmentally friendly products with business growth becomes an inevitable essence. The formulation of the problem in this research is, how is the implementation of Green Packaging on Small Business Development in Coffeeshop businesses? and how does the implementation of Green Packaging affect the development of small businesses in coffee shops based on Islamic business ethics? This type of research is a type of field research, the nature of this research is descriptive qualitative research. The data sources used are primary and secondary data. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. Then the data was analyzed by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Coffeeshop 1000cc implements green packaging by using packaging that can be used repeatedly. Meanwhile, customers who bring their own drink containers are given a reward in the form of a 10% discount for every purchase made. Then for Doka Coffee, the packaging used for drinks is packaging that can be used repeatedly. Meanwhile, food packaging uses packaging made from kraft paper which is fully recyclable and environmentally friendly. The success of Coffeeshop 1000cc and Doka Coffee in implementing green packaging confirms that consistency in sustainable practices can create a tremendous impact on the development of small businesses. Coffeeshop 1000cc and Doka Coffee have successfully implemented green packaging based on Islamic business ethics through concrete actions that reflect the principles of balance, prosperity, social responsibility and kindness. Steps such as reducing single-use plastic v and providing discounts for customers who bring their own containers not only impact business growth, but also set a positive example in building an ethically and environmentally responsible business. Keywords: Green Packaging and Small Business.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:37
Last Modified: 23 Nov 2023 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31192

Actions (login required)

View Item View Item