PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Kopi di Lampung Barat)

SANTI, HERMALIA (2023) PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Kopi di Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SANTI HERMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pesatnya perkembangan dan kemajuan zaman saat ini, menyebabkan semakin ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan. Maka perusahaan harus memiliki strategi agar produknya mampu bersaing dan laku di pasaran sehingga dapat meningkatkan pejualan atau mampu mencapai target penjualan yang di harapkan. Dengan cara menggunakan media sosial memanfaatkan teknologi yang serba digital saat ini, salah satunya untuk pemasaran produk secara online. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh strategi promosi melalui media sosial dan kualitas produk dalam meningkatkan volume penjualan pada umkm kopi dilampung barat baik secara parsial atau simultan serta bagaimana peningkatatan volume penjualan dalam persfektif ekonomi islam.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi promosi melalui media sosial dan kualitas produk dalam meningkatkan volume penjualan pada umkm kopi dilampung barat baik secara parsial atau simultan serta peningkatatan volume penjualan dalam persfektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan penelitian populasi dengan semple berjumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengna menyebar kuesioner dalam bentuk google form yang di sebarkan kepada umkm kopi di lampung barat.teknik pengelolaan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistical program for social science (SPSS) versi 29. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan volume penjualan pada umkm kopi di lampung barat. Artinya semakin efektif dan efisien seseorang melakukan kegiatan pemasaran menggunakan sosial media, maka semakin tinggi kemungkinan UMKM mencapai tujuan yaitu, terjadinya peningkatan volume penjualan. Kata kunci : promosi, kualitas produk, meningkatkan volume penjualan iii ABSTRACT The rapid development and progress of today's era has resulted in increasingly tight business competition between companies. So the company must have a strategy so that its products are able to compete and sell in the market so that they can increase sales or be able to achieve the expected sales targets. By using social media, utilizing today's digital technology, one of which is for marketing products online. The formulation of the problem in this research is how the influence of promotional strategies through social media and product quality in increasing sales volume in West Lampung coffee SMEs either partially or simultaneously and how to increase sales volume from an Islamic economic perspective. The aim of this research is to determine the influence of promotional strategies through social media and product quality in increasing sales volume to coffee MSMEs in West Lampung either partially or simultaneously as well as increasing sales volume from an Islamic economic perspective. This research uses quantitative methods. The sampling technique used population research with a sample of 80 respondents. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires in the form of a Google form which was distributed to coffee SMEs in West Lampung. The data analysis management technique used in this research was using the statistical program for social science (SPSS) version 29. Based on the research results, it shows that promotional variables and product quality have a positive and significant effect in increasing sales volume for coffee MSMEs in West Lampung. This means that the more effective and efficient someone carries out marketing activities using social media, the higher the possibility of MSMEs achieving their goals, namely, increasing sales volume. Keywords: promotion, product quality, increasing sales volume

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:13
Last Modified: 22 Nov 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31178

Actions (login required)

View Item View Item