ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK TAPIS LAMPUNG DALAM PRESPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada UMKM Produk Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung )

ARIEF, ANSORI (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK TAPIS LAMPUNG DALAM PRESPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada UMKM Produk Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ARIEF ANSORI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada aktivitas usaha memiliki cara atau strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Marketing dalam sebuah usaha bertugas memberikan informasi secara detil dan jelas kepada setiap konsumen, selain itu marketing juga ikut andil dalam memperkenalkan dan memasarkan produk jasa yang dimiliki para pengusaha. seperti yang terjadi pada UMKM Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung dalam meningkatkan penjualan mereka akan menggunkan strategi dalam pemasaran produk mereka karena apabila strategi pemasarannya tidak tepat akan berimbas pada penjualan yang tidak signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Produk Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung serta untuk mengetahui peran marketing dalam memasarkan Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung dan untuk mengetahui bagaimana dinamika yang dialami Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung yang dirasakan dalam memasarkan produknya ditinjau dari prespektif bisnis islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari narasumber melalui wawancara bersama pemilik usaha Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai refrensi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tapis Lampung Krui di Bandar Lampung dalam meningkatkan penjualan cukup memadai, dengan menggunakan empat strategi dalam melakukan pemasaran Tapis Lampung Krui yaitu Strategi Pemasaran Mix atau Bauran Pemasaran product, price, place, dan promotion. Produknya berupa Tapis lampung Krui memiliki kualitas produk terbaik dengan menggunakan bahan berkualitas. Penetapan harga mengedeankan kepuasan pelanggan yang diikuti dengan kualitas produk. Tempat usaha iii yang masih kurang strategis sedikit sulit dijangkau konsumen. pendistribusian barang belum terlalu efektif karena masih beratokan ada rumah industri dan 2 toko saja. adapun untuk mempromosikan barang mereka masih menggunakan cara tradisional yaitu mengenalkan, mengajari, dan menyebarluaskan proses pembuatan tapis Lampung Krui kepada masyarakat. Dalam prespektif bisnis Islam di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan sesuai dengan prinsip Islam. Produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak merugikan kedua belah pihak, lokasi usaha yang strategis dan cukup mudah dijangkau konsumen, melakukan promosi dengan sikap shidiq, amanah , tabligh dan fatanah melayani konsumen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan, Tapis Lampung Krui. iv ABSTRACT In business activities, there are ways or marketing strategies to increase sales. Marketing in a business is tasked with providing detailed and clear information to every consumer, besides that marketing also takes part in introducing and marketing service products owned by entrepreneurs. as happened to the Tapis Lampung Krui MSME in Bandar Lampung in increasing their sales they will use a strategy in marketing their products because if the marketing strategy is not appropriate it will impact on insignificant sales. This study aims to determine the marketing strategy for Lampung Krui Tapis Products in Bandar Lampung and to determine the role of marketing in marketing Lampung Krui Tapis in Bandar Lampung and to find out how the dynamics experienced by Lampung Krui Tapis in Bandar Lampung are felt in marketing their products from a business perspective Islam. This research is a qualitative research with data collection methods in the form of interviews, observation and documentation. Primary data was obtained directly from informants through interviews with the Lampung Krui Tapis business owner in Bandar Lampung. While secondary data obtained from various references related to research. The results showed that Tapis Lampung Krui in Bandar Lampung was quite adequate in increasing sales, using four strategies in marketing Tapis Lampung Krui, namely the Marketing Mix Strategy or product, price, place, and promotion marketing mix. Its product is Lampung Krui Tapis, which has the best quality products using quality ingredients. Pricing emphasizes customer satisfaction followed by product quality. Business places that are still less strategic are a little difficult to reach consumers. the distribution of goods has not been very effective because there are still industrial houses and only 2 shops. As for promoting their goods, they still use traditional methods, namely introducing, teaching, and disseminating the process of making Lampung Krui tapis to the public. In the perspective of Islamic business, it is concluded that the marketing strategy implemented in increasing sales is in accordance with Islamic principles. The products offered are halal, the pricing is not detrimental to both parties, the location of the business is strategic and quite easy to reach for consumers, v conducting promotions with an attitude of shidiq, amanah, tabligh and fatahan serving consumers. Keywords: Marketing Strategy, Increased Sales, Tapis Lampung Krui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:39
Last Modified: 21 Nov 2023 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31157

Actions (login required)

View Item View Item