PENGARUH PERSEPSI HARGA, CONSUMER TASTE, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GOYANG DI BANDAR LAMPUNG (Studi pada Gen Z di Bandar Lampung)

MUHAMAD, FAISAL PUTRANTO (2023) PENGARUH PERSEPSI HARGA, CONSUMER TASTE, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GOYANG DI BANDAR LAMPUNG (Studi pada Gen Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Bab 1- 2 M. Faisal Putranto.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full Bab 1- 5 M. Faisal Putranto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting dalam bisnis kuliner. Konsumen dalam memilih makanan pasti mengutamakan harga, selera konsumen tersendiri dan lokasinya jika makanan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan maka akan membuat konsumen merasa puas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah persepsi harga, consumer taste, dan lokasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen Mie Goyang di Bandar Lampung? Bagaimana persepsi harga, consumer taste, dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Mie Goyang di Bandar Lampung ditinjau dari perspektif bisnis islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu. untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, consumer taste, dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen Mie Goyang di Bandar Lampung. Dan juga ditinjau dari persektif bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu Gen Z di Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 orang yang pernah berkunjung ke Mie Goyang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SEM dengan menggunakan SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini secara parsial yaitu persepsi harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, consumer taste berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan berpengaruh bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Mie Goyang di Bandar Lampung. Dalam pandangan islam keimanan menjadi tolak ukur penting karena keimanan memberikan cara pandang dunia yang cenderung mempengaruhi kepribadian manusia, yang dalam bentuk perilaku, gaya hidup, seleranya, sikap-sikap terhadap sesama manusia, iv sumber daya, dan ekologi. Keimanan sangat mempengaruhi sifat, kuantitas, dan kualitas konsumsi baik dalam bentuk kepuasan material maupun spiritual. Kata Kunci: Persepsi Harga, Consumer Taste, Lokasi Dan Kepuasan Konsumen v ABSTRAK Consumer satisfaction is a very important factor in the culinary business. When consumers choose food, they definitely prioritize price, each consumer's taste and location. If the food offered matches their wishes, it will make consumers feel satisfied. The formulation of the problem in this research is, do price perceptions, consumer tastes, and location partially and simultaneously influence consumer satisfaction with Mie Goyang in Bandar Lampung? How price perceptions, consumer tastes and location influence consumer satisfaction for Mie Goyang in Bandar Lampung from a sharia business perspective. The aim of this research is. to determine the partial and simultaneous influence of price perceptions, consumer tastes, and location on consumer satisfaction with Mie Goyang in Bandar Lampung. And also seen from an Islamic business perspective. This research is quantitative research, the population in this research is Gen Z in Bandar Lampung. The sample used in this research was 96 people who had visited Mie Goyang. Sampling used purposive sampling technique. Data collection uses questionnaires and interviews. The data analysis technique used in this research is the SEM model using SmartPLS version 4.0. The results of this study are partially, Price Perception has an insignificant effect on Consumer Satisfaction, Consumer Taste has a positive and significant effect on Consumer Satisfaction, and Location has a positive and significant effect. and has a significant effect on consumer satisfaction. positive and significant effect on satisfaction. consumer. Simultaneously, they have a joint influence on Mie Goyang consumer satisfaction in Bandar Lampung. In the Islamic view, faith is an important benchmark because faith provides a world view that tends to influence human personality, in the form of behavior, lifestyle, tastes, attitudes towards fellow humans, resources and ecology. Faith greatly influences the vi nature, quantity and quality of consumption in the form of material and spiritual satisfaction. Keywords: Price Perception, Consumer Taste, Location and Consumer Satisfaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:41
Last Modified: 15 Nov 2023 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item