PENGEMBANGAN VIDEO BLOG CHANNEL YOUTUBE BERBASIS SCAFFOLDING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATERIINTI ATOM DAN RADIO AKTIVITAS

Fitriani, Era Refiana (2023) PENGEMBANGAN VIDEO BLOG CHANNEL YOUTUBE BERBASIS SCAFFOLDING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATERIINTI ATOM DAN RADIO AKTIVITAS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Fitriani Era Refiana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan video blog berbasis scaffolding pada materi inti atom dan radioaktivitas merupakan topik utama dalam penelitian ini. Pengembangan video blog berbasis scaffolding dipilih karena dalam pembelajaran diperlukan media pembelajaran yang sesuai untuk menopang materi yang akan disampaikan, hingga saat ini belum banyak media pembelajaran pengembangan video blog berbasis scaffolding pada materi inti atom dan radioaktivitas, dan sebagaimana yang kita ketahui bahwa materi inti atom dan radioaktivitas membutuhkan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan bagaimana inti atom dan radioaktivitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikembangkan oleh Brog and Gall atau yang disebut dengan model pengembangan Brog and Gall. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelas XII IPA dari SMA Al-Azhar 3, SMA 15 Bandar Lampung, dan SMA 5 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data berupa lembar angket pra penelitian, angket validasi (validasi Ahli Materi, Ahli Media dan Ahli IT), angket untuk pendidik dan peserta didik, kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan menggunakan metode skala dengan memodifikasi skala likert. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pengembangan produk yang telah dilakukan, diketahui bahwa video blog berbasis scaffolding pada materi inti atom dan radioaktivitas mendapatkan skor rata-rata sebesar 85,60% dengan kategori “Sangat Layak” pada penilaian ahli materi, juga mendapatkan skor rata-rata sebesar 82,60% dengan kategori “Sangat Layak” dari penilaian ahli media, lalu mendapatkan skor rata-rata sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak” dari penilaian ahli IT, dan mendapatkan skor penilaian rata�rata sebesar 82,40% dengan kategori “Sangat Menarik” yang didapatkan dari hasil uji coba kelompok. Maka setelah melalui beberapa tahapan penelitian dan pengembangan diketahui bahwa video blog channel Youtube berbasis scaffolding layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi inti atom dan radioaktivitas. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Scaffolding, Youtube

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:19
Last Modified: 13 Nov 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31057

Actions (login required)

View Item View Item