PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PREFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada Wisatawan Di Bukit Sakura Kota Bandar Lampung, Lampung )

DENNY, ARIA PRATAMA (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PREFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada Wisatawan Di Bukit Sakura Kota Bandar Lampung, Lampung ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DENNY ARIA PRATAMA.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi seiring berjalannya waktu perkembangan dunia pariwisata sangat lah bersaing terutama wisata yang ada di provinsi lampung salah satunya yaitu Bukit Sakura merupakan wisata yang sangat cocok dikunjungi dengan spot hunting atau foto yang sangat keren di Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah electronic word of mouth dan preferensi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung dan serta pandangan dalam perspektif bisnis islam di Bukit Sakura Bandar lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh electronic word of mouth dan preferensi terhadap keputusan berkunjung serta pandangannya dalam perspektif bisnis islam di Bukit Sakura Kota Bandar lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari seluruh wisatawan Bukit Sakura. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner dan Observasi, sedangkan data sekunder didapatkan melalui dokumen-dokumen yang menunjang penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung pada wisatawan Bukit sakura. Variabel Preferensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung pada wisatawan Bukit sakura. Sedangkan Electronic Word Of Mouth dan Preferensi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung pada wisatawan Bukit sakura. Sementara itu dalam perspektif bisnis islam, pihak pengelola wisatawan sudah menyediakan fasilitas, kenyamanan, pelayanan dan lingkungan dengan prinsip bisnis islam yaitu prinsip customer oriented dan prinsip transparansi. Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Preferensi, Keputusan Berkunjung. ABSTRACT The background of this research is that over time the development of the world of tourism is very competitive, especially tourism in Lampung province, one of is Bukit Sakura Hill is a very suitable tour to visit with spot hunting or very cool photos in Bandar Lampung. The formulation of the problem in this study is whether electronic word of mouth and preferences influence visiting decisions and views from an Islamic business perspective at Bukit Sakura Bandar Lampung. This study aims to determine and understand the influence of electronic word of mouth and preferences on visiting decisions and their views in the perspective of Islamic business at Bukit Sakura, Bandar Lampung City. This type of research is a quantitative research. The population in this study was 100 people consisting of all Bukit Sakura tourists. Data collection techniques in this study used primary data and secondary data. Primary data was obtained through distributing questionnaires and observations, while secondary data was obtained through documents that support this research. The results of this study indicate that the Electronic Word Of Mouth has a positive and significant effect on the decision to visit the Bukit Sakura tourists. The Preference Variable has a positive and significant effect on the decision to visit the Bukit Sakura tourists. Meanwhile, Electronic Word of Mouth and Preferences have a positive and significant effect on the decision to visit Bukit Sakura tourists. Meanwhile, from an Islamic business perspective, tourist managers have provided facilities, comfort, service and the environment with Islamic business principles, namely customer oriented principles and transparency principles. Keyword: Electronic Word Of Mouth, Preferance, Visiting Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:37
Last Modified: 10 Nov 2023 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item