PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

DHEA, AMANDALIA AGUSTIN (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI DHEA AMANDALIA AGUSTIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah termasuk aspek penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Dalam penelitian ini Permasalahan utama yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya latihan dalam memecahkan berbagai permasalahan selama proses pembelajaran yang masih menekankan pada penguasaan konsep saja. Peserta didik menghadapi kesulitan dalam menganalisis soal yang menuntut untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara menganalisis, diakibatkan kecenderungan peserta didik dalam menghafalkan jawaban dari contoh soal yang diberikan guru. Hal tersebut mengandung arti bahwa setiap guru diharapkan mampu menciptakan kondisi belajar yang memotivasi peserta didik agar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Peneliti mengatasi permasalahan dengan menerapkan metode outdoor learning. Peserta didik dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Tujuan penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui pengaruh metode tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YP Unila Bandar Lampung pada bulan mei 2023. Sampel penelitian terdiri dari 63 peserta didik yang terdiri dari 31 peserta didik kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan 32 peserta didik kelas XI MIPA 2 (kelas kontrol) dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 10 soal uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent samples test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga sig. (2-tailed) < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode outdoor learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang. Selain itu, hasil rata-rata N-gain kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,77 ( kategori tinggi ) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,46 ( kategori sedang ). Kata kunci : Metode Outdoor Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gelombang Bunyi iii ABSTRACT Problem solving ability is an important aspect that must be possessed by students. In this study the main problem is the low problem-solving ability of students caused by a lack of practice in solving various problems during the learning process which still emphasizes mastery of concepts only. Students face difficulties in analyzing questions that require solving problems by analyzing, due to the tendency of students to memorize answers from examples of questions given by the teacher. This implies that every teacher is expected to be able to create learning conditions that motivate students to achieve the expected learning objectives. Researchers overcome the problem by applying the outdoor learning method. Students can learn in more depth through the objects they encounter than if they study in a class that has many limitations. The purpose of this study is to be able to determine the effect of this method on students' problem-solving abilities in sound wave material. This study used a quasi-experimental method with a Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted at SMA YP Unila Bandar Lampung in May 2023. The research sample consisted of 63 students consisting of 31 students in class XI MIPA 1 (experimental class) and 32 students in class XI MIPA 2 (control class) using a purposive technique. sampling. The instrument used was a problem solving ability test instrument consisting of 10 description questions. Based on the results of hypothesis testing using the independent samples test at a significance level of 5%, the sig. (2-tailed) of 0.000 so that sig. (2-tailed) < 0.05. The results showed that the outdoor learning method had an effect on students' problem-solving abilities on wave material. In addition, the average N-gain result for the experimental class was 0.77 (high category) while the control class was 0.46 (medium category). Keywords: Outdoor Learning Method, Problem Solving Ability, Sound Waves

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:59
Last Modified: 07 Nov 2023 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30991

Actions (login required)

View Item View Item