PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI AL- IKHLAS TANJUNG SARI NATAR LAMPUNG SELATAN

Ijah, Marfiah (2023) PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI AL- IKHLAS TANJUNG SARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi ijah marfiah BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL IJAH MARFIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data hasil Pra penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik masih sangat rendah. Peserta didik sangat sulit dan lama dalam mengerjakan soal matematika, peserta didik tidak fokus dalam pelajaran dan tidak aktif dalam proses belajar. Berdasarkan persoalan tersebut maka penulis menawarkan metode talking stick berbantuan teknik jarimatika terhadap pembelajaran matematika materi perkalian terhadap peserta didik kelas IV. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Kelas IV A sebagai kelas Ekperimen dengan menggunakan metode talking stick berbantuan teknik jarimatika terhadap hasil belajar matematika, sedangkan kelas IV B menggunakan motode pembelajaran drill dalam pembelajaran. Sampel berjumlah 34 peserta didik yang terdiri dari 18 peserta didik untuk kelas IV A dan 16 peserta didik untuk kelas B. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dengan menggunakan uji bartlett dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji –t. Hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian hasil uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh hasil normal dan homogen, dengan data normalitas 0,200 untuk kelas eksperimen dan 0,159 untuk kelas kontrol dengan taraf signifikan 0,05, dapat disimpulkan 0,200 < 0,05 dan 0,159 < 0,05 bahwa data penelitian bersifat normal. Data homogenitas adalah 0,409 < 0,05 dinyatakan homogen. Selanjutnya yaitu hasil uji hipotesis (uji-t) dengan hasil posttest signifikan 0,38 dengan taraf signifikan 0,05 yang berarti 0,038 > 0,05 dengan kesimpulan Ho ditolak sehingga H1 diterima, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh metode talking stick berbantuan teknik jarimatika terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV Di Mi AL-Ikhlas Tanjung Sari. Kata Kunci : Metode Talking stick, Teknik Jarimatika, Hasil Belajar Matematika iv ABSTRACK Based on data from pre-research conducted, it shows that student learning outcomes are still very low. Students find it very difficult and take a long time to work on mathematics problems, students do not focus on lessons and are not active in the learning process. Based on these problems, the author offers a speaking stick method assisted by the Jarimatics technique for learning multiplication mathematics material for class IV students. The population in this study were students in grades IV A and IV B. The sampling technique in this research was Class IV A as an Experimental class using the talking stick method assisted by the Jarimatics technique for mathematics learning outcomes, while Class IV B used the drill learning method in learning. The sample consisted of 34 students consisting of 18 students for class IV A and 16 students for class B. The data analysis technique used a normality test using the Liliefors test, a homogeneity test using the Bartlett test and continued with hypothesis testing using the -t test. The results of the analysis and discussion of the research data, the results of the normality test and homogeneity test, obtained normal and homogeneous results, with normality data of 0.200 for the experimental class and 0.159 for the control class with a significance level of 0.05, it can be concluded that 0.200 < 0.05 and 0.159 < 0, 05 that the research data is normal. Homogeneity data is 0.409 <0.05 which is declared homogeneous. Next, there are the results of the hypothesis test (t-test) with a significant posttest result of 0.38 with a significance level of 0.05, which means 0.038 > 0.05 with the conclusion that Ho is rejected so that H1 is accepted, so it can be said that there is an influence of the talking stick method assisted by the Jarimatics technique on Mathematics learning outcomes for class IV students at Mi AL-Ikhlas Tanjung Sari. Keywords: Talking stick method, Jarimatika Technique, Mathematics Learning Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:55
Last Modified: 06 Nov 2023 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30981

Actions (login required)

View Item View Item