PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Maxim di Bandar Lampung)

TEGUH, ARYAN SANDRA (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Maxim di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa tahun belakangan ini teknologi jauh lebih canggih dan Kemajuan teknologi itulah yang memicu lahirnya inovasi baru terutama dalam bidang transportasi. transportasi merupakan faktor penting dalam kehidupan sehari-hari saat Ingin Melaukan perjalanan yang berhubungan dengan jarak. Transportasi online memiliki keunggulan utamanya yaitu kemudahan pemesanan, keefektifan dan efisiensi waktu yang sangat baik sehingga menjadi proses yang lebih cepat dan lebih mudah. Di Bandar Lampung sendiri, transportasi berbasis aplikasi dikuasai oleh salah satu perusahaan penyedia jasa layanan transportasi berbasis aplikasi yaitu, Maxim. Namun, Maxim bukan menjadi satu-satunya perusahaan transportasi berbasis aplikasi yang cukup dikenal di Bandar Lampung. Selain Maxim ada juga perusahaan lain yaitu Gojek dan Grab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil bahwa variabel (Online Customer Rating) berpengaruh signifikan terhadap terhadap variable (loyaitas pelanggan). variabel (kualitas pelayanan) tidak berpengaruh terhadap terhadap variable (loyalitas pelanggan). Online customer rating memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan tidak memberikan pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan transportasi online maxim. online customer rating dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna transportasi online maxim. Online customer rating serta kualitas pelayanan tidak mengandung kebohongan, serta tidak melebih lebihkan sesuatu yang di larang dalam islam hal ini. Dengan demikian hal ini sudah sesuai dengan perspektif bisnis Islam. Kata Kunci: online customer rating, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan. ABSTRACT In recent years, technology has become much more sophisticated and technological advances have triggered the birth of new innovations, especially in the field of transportation. Transportation is an important factor in daily life when you want to travel over distance. Online transportation has its main advantages, namely ease of ordering, effectiveness and excellent time efficiency, making it a faster and easier process. In Bandar Lampung itself, application-based transportation is controlled by one of the companies providing application-based transportation services, namely, Maxim. However, Maxim is not the only application-based transportation company that is well known in Bandar Lampung. Apart from Maxim, there are also other companies, namely Gojek and Grab. This research uses a quantitative type of research. Based on the results, the variable (Online Customer Rating) has a significant effect on the variable (customer loyalty). The variable (service quality) has no effect on the variable (customer loyalty). Online customer ratings have a positive and significant influence on customer loyalty. Service quality does not have a significant positive influence on Maxim online transportation customer loyalty. Online customer rating and service quality have a significant influence on customer loyalty among Maxim online transportation users. Online customer ratings and service quality do not contain lies, and do not exaggerate something that is prohibited in Islam. Thus, this is in accordance with the Islamic business perspective. Keywords: online customer rating, service quality, customer loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:25
Last Modified: 01 Nov 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30950

Actions (login required)

View Item View Item