PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Lia, Pebriana Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIA PEBRIANA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan scientific reasoning pada peserta didik yang memiliki kategori self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di sekolah tersebut. Sampel yang diambil adalah kelas IPA 1 dan IPA 2, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari soal uraian untuk mengukur kemampuan scientific reasoning, dan angket skala likert untuk mengukur self efficacy peserta didik. Uji hipotesis menggunakan uji ancova. Hasil pengujian hipotesis yang pertama menunjukkan nilai signifikansi 0,003, hipotesis kedua menunjukkan nilai signifikansi 0,010, hipotesis ketiga adalah 0,002. Seluruh hipotesis tersebut memiliki nilai signifikansi yang berarti ditolak dan diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan scientific reasoning pada peserta didik yang memiliki kategori self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Scientific Reasoning, Self Efficacy. iii ABSTRACT This study aims to determine the effect of the guided inquiry learning model on scientific reasoning abilities in students who have high, medium, and low self-efficacy categories. This research was conducted at SMAN 1 Abung Pekurun, North Lampung Regency. The method used is a quantitative approach with a quasy experimental research type. The population in this study were all students of tenth grade IPA at the school. The samples taken were class IPA 1 and IPA 2, with the sampling technique using simple random sampling. The research instrument consisted of esssays test to measure scientific reasoning abilities, and a Likert scale questionnaire to measure students' self-efficacy. Test the hypothesis using ancova test. The results of testing the first hypothesis show a significance value of 0,003, the second hypothesis shows a significance value of 0,010, the third hypothesis is 0,002. All of the hypotheses have a significance value of <0,05 which means is rejected and is accepted. Based on the results of the hypothesis test, it can be concluded that there is an influence of the guided inquiry learning model on scientific reasoning abilities in students who have high, medium, and low self�efficacy categories. Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Scientific Reasoning Ability, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:50
Last Modified: 31 Oct 2023 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30945

Actions (login required)

View Item View Item