PENGEMBANGAN KOMIK IPA FISIKA SEBAGIAN MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK POKOK BAHASAN GERAK

Sutrisno, Tri (2018) PENGEMBANGAN KOMIK IPA FISIKA SEBAGIAN MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK POKOK BAHASAN GERAK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_TRI_SUTRISNO.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengembangan komik Fisika sebagai media pembelajaran peserta didik kelas X SMK Alam Nusantara, dan mengetahui respon peserta didik terhadap komik Fisika sebagai media pembelajaran peserta didik kelas X SMK Alam Nusantara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian & pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, dan revisi produk akhir. Model penelitian digunakan dalam pengembangan ini adalah penelitian dan pengembangan (Research And Development) menurut Borg & Gall. Subjek penelitian yang terlibat terdiri dari dua orang ahli materi, ahli media, dan guru, serta sepuluh orang peserta didik untuk uji terbatas dan dua puluh lima orang untuk uji luas kelas X SMA. Ahli memberikan nilai validasi kelayakan terhadap kevalidan materi, media, dan kebutuha pembelajaran. Sedangkan peserta didik memberikan penilaian terhadap keefektifan produk yang dikembangkan oleh peneliti. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket kebutuhan bahan ajar, dan angket respon siswa serta analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, dan 5) Revisi Produk. Hasil validasi materi dengan persentasi 85,42%, validasi media dengan persentasi 93,13% dan guru mendapatkan nilai persentase 86,25% kategori dari hasil validasi tersebut bahwa media yang dikembangkan pada kategori sangat menarik atau valid yang berarti produk sangat sesuai dengan materi Gerak, yaitu ranah kognitif dan ranah pengetahuan serta produk layak untuk digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran. Hasil validasi respon peserta didik pada uji luas dengan persentase 83,60% kategori valid yang berarti produk efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran serta peserta didik memberikan respon yang positif terhadap produk yang dikembangkan. Kata kunci : Komik Fisika, Media Pembelajaran, Materi Gerak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2018 02:21
Last Modified: 25 Jan 2018 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3088

Actions (login required)

View Item View Item