ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Coffee Shop Kota Bandar Lampung)

DANIT, ANGGI MUNINGGAR (2023) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Coffee Shop Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi DANIT ANGGI MUNINGGAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya tuntutan teknologi, persaingan ketat, dan inovasi untuk memenuhi permintaan pasar dan harus mampu memitigasi risiko yang akan datang di masa depan bagi pengusaha coffee shop Kota Bandar Lampung. Fenomena penurunan pengunjung pada coffee shop menandakan bahwa kinerja pemasarannya pun menurun. Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk harus menjadi strategi prioritas bagi coffee shop, sebab memiliki peranan yang amat penting pada pertengahan pasar yang kompetitif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi Produk berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran Berdasarkan Perspektif Bisnis Syariah Pada Coffee Shop Kota Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini dibulatkan menjadi 110 Coffee Shop Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu teknik penyebaran angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengemukakan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran secara parsial. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran secara parsial. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran secara parsial. Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan kinerja pemasaran berdasarkan perspektif Islam yaitu dalam kegiatan pemasaran yang berlandaskan pada syariah, dilakukan dengan berdasarkan aspek-aspek penunjang seperti shidiq (jujur), amanah, tabligh, dan fathanah. Islam sangat menghargai kerja keras, semangat, mandiri, dan melarang berputus asa, pasrah, malas, dan pengangguran. Kata Kunci : Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, Perspektif Bisnis Syariah. ABSTRACT There are technological demands, intense competition and innovation to meet market demand and must be able to mitigate future risks for coffee shop entrepreneurs in Bandar Lampung City. The phenomenon of decreasing visitors to coffee shops indicates that their marketing performance is also decreasing. Market orientation, entrepreneurial orientation and product innovation must be priority strategies for coffee shops, because they have a very important role in a competitive market. The purpose of this research is to determine the influence of Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, and Product Innovation on Marketing Performance Based on a Sharia Business Perspective at Coffee Shops in Bandar Lampung City. This research includes field research. This research approach is quantitative research. The number of samples in this study was rounded up to 110 Coffee Shops in Bandar Lampung City. The data collection technique in research is the questionnaire distribution technique. The data analysis technique uses multiple regression analysis and hypothesis testing with the T test, F test, and coefficient of determination test. The research results show that market orientation has a partial positive and significant effect on marketing performance. Entrepreneurial orientation has a partial positive and significant effect on marketing performance. Product innovation has a partial positive and significant effect on marketing performance. Market orientation, entrepreneurial orientation, and product innovation simultaneously influence marketing performance. Market orientation, entrepreneurial orientation, product innovation, and marketing performance are based on an Islamic perspective, namely in marketing activities that are based on sharia, carried out based on supporting aspects such as shidiq (honest), trustworthy, tabligh, and fathanah. Islam highly values hard work, enthusiasm, independence, and prohibits despair, resignation, laziness, and unemployment. Keywords : Market Orientation, Entrepreneurship Orientation, Product Innovation, Marketing Performance, Sharia Business Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:56
Last Modified: 20 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30815

Actions (login required)

View Item View Item