ANALASIS STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA KUE DAN ROTI MINIMARKET SURYA TIRTAYASA, BANDAR LAMPUNG)

Andrefa, Wahyuni (2018) ANALASIS STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA KUE DAN ROTI MINIMARKET SURYA TIRTAYASA, BANDAR LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (158kB)
[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (608kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Download (107kB)

Abstract

Ketatnya persaingan di dunia industri makanan pada saat ini, sehingga perusahaan berlomba-lomba dalam persaingan yang sangat ketat ini yang bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Khususnya di Bandar Lampung, industri makanan seperti Holland Bakery, Jaya Bakery, Shareen Cake’s dan sebagainya berlomba-lomba dalam meningkatkan dan mempertahankan pelanggan. Salah satu upaya mereka dalam mempertahankan pelanggan salah satunya adalah dengan cara menetapkan harga jual produk dan memberikan kualitas produk yang sebaik-baiknya. Karena harga dan kualitas produk merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran. Cara ini diterapkan juga pada Minimarket Surya Tirtayasa untuk meningkatkan dan mempertahankan minat beli konsumen dari para pesaing. Sehingga Minimarket Surya Tirtayasa harus benar-benar mempertimbangkan penetapan harga jual dan kualitas produk dengan memperhitungkan proses dalam produk yang akan dijual guna untuk meningkatkan dan mempertahankan minat beli konsumen. Permasalahan yang dikaji dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana strategi penetapan harga jual kue dan roti di Minimarket Surya Tirtayasa terhadap minat beli konsumen menurut perspektif Ekonomi Islam? (2) Bagaimana kualitas produk kue dan roti di Minimarket Surya terhadap minat beli konsumen menurut perspektif Ekonomi Islam? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penetapan harga jual kue dan roti terhadap minat beli konsumen menurut perspektif Ekonomi Islam dan (2) Untuk mengetahui kualitas produk kue dan roti terhadap minat beli konsumen menurut perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang terlibat dalam proses penetapan harga jual, seperti pimpinan yang berwenang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisa kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pertama: Minimarket Surya Tirtayasa menggunakan metode berbasis biaya penuh plus tambahan tertentu (full cost plus mark-up). Metode ini terlihat pada data penjualan yang sangat efektif meningkatkan minat beli konsumen setiap tahunnya, serta penetapan harga terhadap minat beli konsumen menurut perspektif Ekonomi Islam tidak ada batasan dalam proses bagaimana penetapannya, pada Minimarket Surya Tirtayasa ini tidak ada praktek yang dilarang agama Islam, tetapi Minimarket Surya Tirtayasa harus mementingkan kemaslahatan bersama dan kode etik dalam berdagang tidak ada unsur merugikan salah satu pihak. Kedua: kualitas produk terhadap minat beli konsumen menurut perspektif Ekonomi Islam bahwa produk-produk yang bermanfaat dan baik disini yaitu yang memiliki kualitas yang baik dari penilaian konsumen. dimana kualitas produk dipengaruhi oleh berbagai hal yaitu: Kualitas dan bentuk produk, Kualitas dan jenis bahan baku yang digunakan, dan Proses pembuatan kualitas produk yang dihasilkan. Dengan kualitas produk yang baik, maka konsumen Minimarket surya akan merasa semakin puas ini terlihat dari nilai positif yang ditunjukkan pada variabel kualitas produk. Semakin baik kualitas produk Minimarket surya maka akan semakin positif dan semakin tinggi minat beli konsumen Minimarket surya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:13
Last Modified: 24 Jan 2018 02:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item