Strategi Peningkatan Daya Tarik Desa Agrowisata Rigis Jaya Melalui Iklan Kampung Kopi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kampung Kopi Rigis jaya, Lampung Barat)

Kholipul, Rohman (2023) Strategi Peningkatan Daya Tarik Desa Agrowisata Rigis Jaya Melalui Iklan Kampung Kopi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kampung Kopi Rigis jaya, Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi sumber daya alam serta keanekaragan budaya yang masih di lestarikan sampai saat ini. Sektor pariwisata memegang peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan baik di sektor daerah maupun sektor nasional. Parwisata merupakan salah satu sektor yang sangat potensial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sebagai sumber pendapatan daerah. Pariwisata termasuk dalam program pembangunan nasional di Indonesia dan diarahkan sebagai salah satu sektor pembangunan ekonomi. Agrowisata Kampung Kopi merupakan lokasi pariwisata yang berfungsi sebagai sarana edukasi tentang pengelolaan kopi mulai dari proses pembibitan hingga proses siap konsumsi. Agrowisata Kampung Kopi merupakan daerah penghasil kopi terbaik di kabupaten Lampung Barat dan menjadi salah satu kawasan unggulan pariwisata yang dikunjungi wisatawan lokal maupun luar. Tetapi Agrowisata Kampung Kopi setiap tahunnya mengalami penurunan pengunjung penyebabnya dikarenakan kurangnya promosi iklan yang dilakukan oleh pihak Agrowisata Kampung Kopi sehingga kurangnya minat masyarakat maupun wisatawan untuk berkunjung ke Agrowisata Kampung Kopi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran iklan terhadap wisatawan yang datang ke Agrowisata Kampung Kopi, untuk mengatahui bagaimana implementasi strategi iklan Agrowisata Kampung Kopi Rigis Jaya dalam membangun daya tarik masyarakat luar dan untuk mengatahui bagaimana implementasi strategi iklan Kampung Kopi Rigis Jaya, Air Hitam Lampung Barat dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini dilaksanakan di Agrowisata Kampung Kopi Rigis Jaya, Air Hitam, Lampung Barat pada bulan Februari hingga April 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan peran implementasi iklan pada Agrowisata Kampung Kopi tidak berdampak terhadap peningkatan pengunjung wisatawan dikarenakan pihak pengelola Agrowisata tidak memahami promosi iklan melalui media sosial, dampak dari penerapan implementasi iklan yang dilakukan oleh pihak pengelola Agrowisata Kampung Kopi tidak memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan jumlah pengunjung, Adapun dalam implementasi iklan yang dilakukan oleh pihak pengelola Agrowisata Kampung Kopi sesuai dengan perspektif ekonomi islam. Kata kunci: Agrowisata, Iklan, Daya Tarik.ABSTRACT Indonesia is an archipelagic country with natural resource potential and cultural diversity that is still being preserved today. The tourism sector plays an important role in the implementation of development in both the regional and national sectors. Tourism is a sector that has great potential in improving people's welfare and as a source of regional income. Tourism is included in the national development program in Indonesia and is directed as a sector of economic development. Kampung Kopi Agrotourism is a tourism location that functions as a means of education about coffee management starting from the nursery process to the ready-to-consume process. Kampung Kopi Agrotourism is the best coffee-producing area in West Lampung district and is one of the leading tourism areas visited by local and foreign tourists. But Kampung Kopi Agrotourism experiences a decrease in visitors every year due to the lack of advertising promotion carried out by Kampung Kopi Agrotourism so that there is a lack of interest from the public and tourists to visit Kampung Kopi Agrotourism. The purpose of this study is to find out the role of advertising for tourists who come to Kampung Kopi Agrotourism, to find out how the advertising strategy for Kampung Kopi Rigis Jaya Agrotourism is implemented in building the attractiveness of outsiders and to find out how the advertising strategy for Kampung Kopi Rigis Jaya, Air Hitam is implemented. West Lampung in the perspective of Islamic economics. This research was conducted at Rigis Jaya Coffee Village Agrotourism, Air Hitam, West Lampung from February to April 2023. This research used a qualitative method with data collection techniques, namely interviews, observation and documentation. The results of this study show that the role of advertising implementation in Kampung Kopi Agrotourism has no impact on increasing tourist visitors because the Agrotourism manager does not understand advertising promotion through social media, the impact of implementing advertisements carried out by the Kampung Kopi Agrotourism manager does not provide significant results on increasing the number visitors, As for the implementation of advertisements carried out by the management of Kampung Kopi Agrotourism in accordance with an Islamic economic perspective. Keywords: Agrotourism, Advertising, Attractiveness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:07
Last Modified: 19 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item View Item