PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Laili, Rahmawati (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1& 2 +DAPUS.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI LAILI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan e-modul interaktif menggunakan flip pdf berbasis problem based learning bertujuan untuk mengetahui tanggapan validator terhadap e-modul interaktif menggunakan flip pdf berbasis problem based learning, mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap e-modul interaktif menggunakan flip pdf berbasis problem based learnin dan mengetahui pengaruh e-modul interaktif menggunakan flip pdf berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model dari 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MA/SMA kelas X. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan ahli instrumen butir soal, angket penilaian untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik serta instrumen tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu e-modul interaktif menggunakan flip pdf berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada kurikulum merdeka belajar produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria dengan presentase penilaian validasi materi 91%, media 86%, dan butir soal 87% dengan kategori sangat layak, sedangkan pada penilaian pendidik mendapatkan presentase 90% dan pada uji coba kelompok kecil sebesar 89%, pada uji coba lapangan sebesar 89% dengan kategori sangat menarik. Untuk hasil uji kemampuan berpikir kritis mendapatkan skor N-Gain 0,76 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah e-modul interaktif menggunakan flip pdf berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kurikulum merdeka belajar sudah sangat layak digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis iv ABSTRACT Research and development of interactive e-modules using Flip PDF based on problem based learning aims to find out validator responses to interactive e-modules using Flip PDF based on problem based learning, to find out the response of educators and students to interactive e-modules using Flip PDF based on problem based learning. and determine the effect of interactive e-modules using flip pdf based on problem based learning to improve critical thinking skills in the independent learning curriculum. This research uses research and development (R&D) methods using the 4D model developed by Thiagarajan. The subjects in this research were students of MA/SMA class critical of students. The results of this research are interactive e-modules using flip pdf based on problem based learning to improve students' critical thinking skills in the independent learning curriculum. The resulting final product meets the criteria with a material validation assessment percentage of 91%, media 86%, and questions 87% with the very appropriate category, while in the educator assessment the percentage was 90% and in the small group trial it was 89%, in the field trial it was 89% with the very interesting category. For the critical thinking ability test results, the N-Gain score was 0.76 in the high category. The conclusion of this research is that interactive e-modules using flip pdf based on problem based learning to improve students' critical thinking skills in the independent learning curriculum are very suitable for use in the learning process. Keywords: Interactive E-Module, Problem Based Learning (PBL), Critical Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:39
Last Modified: 17 Oct 2023 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item