ANALISIS PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR RUPIAH DAN SUKU BUNGA TERHADAP EKSPOR PRODUK HALAL DI INDONESIA TAHUN 2018-2022

ARLINA, MITA WIDYASTUTI (2023) ANALISIS PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR RUPIAH DAN SUKU BUNGA TERHADAP EKSPOR PRODUK HALAL DI INDONESIA TAHUN 2018-2022. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ARLINA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Potensi produk halal di pasar global saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Permintaan akan produk halal terus meningkat setiap tahunnya. Namun, pada faktanya Indonesia sebagai negara muslim terbesar, masih menjadi sorotan pemerintah karena rendahnya ekspor produk halal di kancah pasar halal dunia dan bahkan jauh tertinggal dari negara nonmuslim. Hal ini barangkali dipengaruhi oleh faktor inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga yang mengalami fluktuasi di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain apakah terdapat pengaruh secara parsial maupun simultan variabel inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga terhadap ekspor produk halal di Indonesia tahun - ? Bagaimana inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga terhadap ekspor produk halal indonesia dalam perspektif ekonomi islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga terhadap eskpor produk halal di Indonesia tahun - dan untuk Mengetahui terkait inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga terhadap ekspor produk halal indonesia dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang di akses melalui web resmi Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia yang di analisis menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan bantuan microsoft excel dan Eviews . Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variabel inflasi (X ) dan nilai tukar rupiah (X ) berpengaruh positif terhadap ekspor produk halal (Y) di Indonesia tahun - sedangkan suku bunga (X ) berpengaruh negatif terhadap ekspor produk halal (Y) di Indonesia tahun - . Secara simultan variabel inflasi (X ), nilai tukar rupiah (X ), suku bunga (X ) berpengaruh terhadap ekspor produk halal di Indonesia tahun - . Ditinjau dalam ekonomi islam ekspor diperbolehkan dalam islam karena merupakan salah satu kegiatan jual beli barang dan jasa, yang dalam transaksinya harus sesuai dengan sayriat islam salah satunya yaitu terkait kehalalan barang dan jasa yang dikirimkan. Kata Kunci : Ekspor Produk Halal, Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Suku bunga. ABSTRACT The potential of halal products in the global market is currently experiencing very rapid development. The demand for halal products continues to increase every year. However, in fact, Indonesia, as the largest Muslim country, is still in the spotlight of the government due to the low export of halal products in the world halal market arena and even far behind non-Muslim countries. This may be influenced by inflation factors, the rupiah exchange rate and interest rates that fluctuate in Indonesia. The formulation of the problems in this study include whether there is a partial or simultaneous influence of inflation, rupiah exchange rates and interest rates on the export of halal products in Indonesia in - ? What is the Islamic economic perspective on inflation, rupiah exchange rates and interest rates on exports of halal products in Indonesia in - ? This study aims to determine the partial and simultaneous effects of inflation, rupiah exchange rates and interest rates on the export of halal products in Indonesia in - and to find out how the Islamic economic perspective on inflation, rupiah exchange rates and interest rates on the export of halal products in Indonesia in - . The method used in this research is to use a quantitative approach using secondary data accessed through the official website of the Central Bureau of Statistics and Bank Indonesia which is analyzed using multiple linear regression analysis, using the help of Microsoft Excel and Eviews . Based on the results of the study partially the inflation variable (X ) and the rupiah exchange rate (X ) have a positive effect on exports of halal products (Y) in Indonesia in - while interest rates (X ) have a negative effect on exports of halal products (Y) in Indonesia in - . Simultaneously the inflation variable (X ), rupiah exchange rate (X ), interest rate (X ) affect the export of halal products in Indonesia in - . In terms of Islamic economics, exports are allowed in Islam because it is one of the activities of buying and selling goods and services, which in the transaction must be in accordance with Islamic sayriat, one of which is related to the halalness of the goods and services sent. Keywords: Halal Product Exports, Inflation, Rupiah Exchange Rate, Interest Rate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:51
Last Modified: 16 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30713

Actions (login required)

View Item View Item