PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA E-COMMERCE SHOPEE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Iphone UIN Raden Intan Lampung)

EKA, SILVIA (2023) PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA E-COMMERCE SHOPEE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Iphone UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meguji dan menganalisis pengaruh variabel independen Brand Ambassador dan Kualitas Produk terhadap variabel dependen keputusan pembelian online. Serta menguji apakah variabel moderasi kepercayaan dapat memoderasi hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Didalam penelitian ini mahasiswa menjadi objek penelitian karena mahasiswa sebagai orang yang sedang mengikuti pendidikan dalam suatu perguruan tinggi secara tidak langsung dituntut untuk berfikir logis, ilmiah, berkepribadian mandiri. Mereka termasuk orang-orang teknologi komunikasi membawa dampak yang signifikan yang didukung oleh kebutuhan mahasiswa yang semakin beragam. Sejalan dengan itu maka penggunaan teknologi komunikasi ataupun smartphone merupakan hal yang harus yang tidak bisa dilepaskan dalam keseharian mereka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural equation modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan mengolah data dilakukan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel brand ambassador dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian online. Brand ambassador berpengaruh dengan arah positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan dimoderasi oleh kepercayaan dan kualitas produk berpengaruh dengan arah positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan dimoderasi oleh kepercayaan. Berdasarkan ketentuan syariah, bisnis tidak boleh memiliki sifat liberal atau bebas, namun perlu mengikuti aturan halal haram bahkan yang syubhat lebih baik dijauhi daripada dilakukan. Masyarakat muslim yang tidak memperhatikan ketentuan-ketentuan tersebut, maka laba yang didapatkannya tidak mendapat ridho dari Allah SWT. Apabila tidak memperoleh ridho Allah SWT, maka tidak akan membawa keselamatan atau mungkin harta tersebut dapat menyengsarakan hidup. Kata kunci : Brand Ambassador, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian online dan kepercayaan. ABSTRACT This study aims to test and analyze the effect of the independent variables Brand Ambassador and Product Quality on the dependent variable of online purchasing decisions. As well as testing whether the trust moderating variable can moderate the relationship between the independent variables and the dependent variable. In this study students became the object of research because students as people who are currently studying at a tertiary institution are indirectly required to think logically, scientifically, have independent personalities, they include people in communication technology which have a significant impact which is supported by the increasing needs of students. diverse. In line with that, the use of communication technology or smartphones is something that cannot be separated from their daily life. This study used a quantitative approach with a sample of 100 students of UIN Raden Intan Lampung. The data analysis method uses SEM (Structural equation modeling) using Partial Least Square (PLS) and data processing is done using SmartPLS 3 software. The results of the study show that the brand ambassador and product quality variables significantly influence online purchasing decisions. Brand ambassadors have an insignificant positive effect on online purchasing decisions moderated by trust and product quality have a positive and significant effect on online purchasing decisions moderated by trust. In the sharia business perspective, it is known that as Muslims, they should be careful in receiving news or information. And we as Muslims need to be careful in making decisions to consume or use a product. Keywords: Brand Ambassador, Product Quality, Online Purchasing Decisions and trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:56
Last Modified: 16 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30701

Actions (login required)

View Item View Item