PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Buket BungaTubaba Tulang Bawang Barat)

SYAHRIL, SOBIRIN (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Buket BungaTubaba Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYAHRIL SOBIRIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Konsumen merupakan bagian yang sangat penting dan berpengaruh dalam membentuk berjalannya sebuah perusahaan yang maju. Selain daripada itu konsumen juga berperan penting dalam menjalankan kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Untuk itu perusahaan haruslah memperhatikan kualitas dari produk atau jasa yang mereka berikan kepada konsumen, agar dapat memenuhi kepuasan konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada usaha Buket Bunga Tubaba dalam Pespektif Ekonomi Islam Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang didalamnya memuat angka-angka yang selanjutnya akan dianalisis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan tetap BuketBungaTubaba. Sehingga jumlah populsi berjumlah 337 responden.Jumlah sampelnya sebanyak 183 pelanggan Buket BungaTubaba di Tulang Bawang Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Angket, Dokumentasi dan Wawancara. Uji Instrumen Penelitian menggunakan Uji validitas dan Reabilitas Teknik Pengolahan Data menggunakan Uji Normalitas dan Uji Linearitas, Multikolinieritas dan Heteroskedastisitas. Uji Hipotesis menggunakan Uji Regresi Berganda, Uji T, Uji F dan Uji Koefesien Determinasi (R2) Berdasarkan hasil pengujian bahwa Kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan pelanggan yang ditunjukkan dengan besarnya nilai signifikansi sebesar 0,04 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai t menunjukkan 4,408. Kualitas Pelayanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap iii variabel Kepuasan pelanggan yang ditunjukkan dengan besarnya nilai 0,250 lebih besar dari 0,05 dengan nilai t menunjukkan angka 0,155. Sedangan harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan pelanggan yang ditunjukkan dengan besarnya nilai 0,01 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai t menunjukkan angka 2,516. Sedangkan berdasarkan pada tabel model summary dapat diketahui bahwa nilai R Square = 0,610 atau 61,0%. Dengan adanya nilai R Square sebesar 61%. Artinya terdapat hubungan yang signifikan kualitas produk, Pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan sedangkan sisanya yaitu 39 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Secara keseluruhan harga, kualitas produk, Pelayanan dan harga yang diterapkan oleh pedagang buket bunga di Tulang Bawang Barat menurut persepsi pelanggan sudah cukup baik, atau sesuai dengan konsep Ekonomi Islam Kata Kunci: produk, layanan,harga, kepuasan, persepktif islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:57
Last Modified: 11 Oct 2023 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30650

Actions (login required)

View Item View Item