PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN

Friska, Olivia (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FRISKA OLIVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survey (survey research). Sumber data yang diperoleh berupa data primer, adapun teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden dengan menggunakan teknik penentuan sampel dengan cara simple random sampling. Adapun proses analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas atau independent dan Kedisiplinan sebagai variabel terikat atau dependent. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, hasil pengujian hipotesis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai > (4,845 > 1,995) atau positif dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak dan menerima Dan diperoleh nilai regresi linier sederhana yaitu Y = 28,167 + 0,399X dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 (nilai alpha), berdasarkan output yang diperoleh sebesar 0,399 artinya adalah jika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam semakin baik maka Kedisiplinan Peserta Didik akan mengalami peningkatan sebesar 39,9%. Kemudian berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai (R Square) sebesar 0,257 atau 25,7%. Hal ini menunjukkan bahwa, pengaruh variabel independent (Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) terhadap variabel dependent (Kedisiplinan) adalah sebesar 25,7% sedangkan 74,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Kata kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan. iv ABSTRACT The aim of this research is to find out whether there is an influence of Islamic Religious Education Learning on the Discipline of Class X Students at SMA Negeri 1 Katon, Pesawaran Regency. The approach that the author uses is a quantitative approach, data collection is carried out using survey research methods. The data source obtained is primary data, while the data collection technique is a questionnaire. The sample in this study consisted of 70 respondents using a sample determination technique using simple random sampling. The data analysis process uses simple linear regression analysis, with Islamic Religious Education Learning as the independent variable and Discipline as the dependent variable. Based on the results of research conducted by the author, the results of testing the Islamic Religious Education Learning hypothesis show that the value of t_count >〖t〗_table (4.845 > 1.995) or positive with a significance level of 0.000 < 0.05. Which means that the hypothesis in this study rejects 〖H〗_0 and accepts H_a. And the simple linear regression value obtained is Y = 28.167 + 0.399 .9%. Then, based on the results of the analysis of the coefficient of determination, the R^2 (R Square) value was obtained at 0.257 or 25.7%. This shows that the influence of the independent variable (Islamic Religious Education Learning) on the dependent variable (Discipline) is 25.7%, while 74.3% is influenced or explained by other variables not included in this research. So it can be concluded that Islamic Religious Education Learning has a significant influence on Student Discipline. Keywords: Islamic Religious Education Learning, Discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:42
Last Modified: 11 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30648

Actions (login required)

View Item View Item