PENGARUH KENAIKAN TARIF DAN KUALITAS PELAYANAN OJEK ONLINE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada pelanggan GO-JEK di Bandar Lampung)

WAHYU, CAHYO PRATAMA (2023) PENGARUH KENAIKAN TARIF DAN KUALITAS PELAYANAN OJEK ONLINE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada pelanggan GO-JEK di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WAHYU CAHYO PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah menaikan tarif dasar ojek online dengan berbagai pertimbangan yaitu diantaranya akibat kenaikan tarif BBM, upah UMR serta beberapa komponen lainnya. Kualitas layanan berhubungan erat dangan kepusaan pelanggan. Tingkat kualitas layanan yang lebih tinggi menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi pula, yang mendukung harga yang lebih tinggi dan seringkali biaya yang lebih rendah. Dalam menjaga loyalitas pelanggan, Islam menganjurkan untuk menjaga hubungan dengan berbagai golongan dengan memberikan kualitas jasa yang baik. Perusahan harus memberikan tanggung jawab sosial terhadap seluruh pelanggannya, hal ini untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelangganya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dimana penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 96 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik kombinasi antara metode sampling accidental dan purposive sampling dan analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa kenaikan tarif berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Gojek, kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan Gojek, kepuasan pelanggan tidak memoderasi antara kenaikan tarif terhadap loyalitas pelanggan Gojek, kepuasan pelanggan tidak memoderasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Gojek, dan secara keseluruhan kenaikan tarif, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, serta kepuasan pelanggan dalam perspektif bisnis Islam, kenaikan tarif harus di imbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan agar sesuai dengan prinsip bisnis Islam. Kata Kunci: Kenaikan Tarif, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan,Kepuasan Pelanggan. iii ABSTRACT The government has increased the basic rates for online motorcycle taxis considering the increase in fuel rates, UMR wages and several other components. Service quality is closely related to customer satisfaction. Higher levels of service quality result in higher levels of customer satisfaction, which leads to higher prices and often lower costs. In maintaining customer loyalty, Islam recommends maintaining relationships with various groups by providing good quality service. The company must provide social responsibility to all its customers, this is to maintain good relations between the company and its customers. This study uses a type of quantitative research. Where this study used primary data obtained from distributing questionnaires to 96 respondents with a sampling technique using a combination technique between accidental sampling and purposive sampling and analysis of research data using multiple linear regression analysis using the SPSS version 29 program. The results showed that tariff increases had a positive and significant effect on Gojek customer loyalty, customer satisfaction had a significant positive effect on Gojek customer loyalty, customer satisfaction not moderated the increase in tariffs on Gojek customer loyalty, customer satisfaction not moderated the quality of service on Gojek customer loyalty, and overall Tariff increases, service quality, customer loyalty, and customer satisfaction in an Islamic business perspective, tariff increases must be balanced with increased service quality to comply with Islamic business principles. Keywords: rate increase, service quality, customer loyalty, customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:32
Last Modified: 11 Oct 2023 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30646

Actions (login required)

View Item View Item