PENGARUH PERSEPSI DAN PREFERENSI SARANA DAN PRASARANA PERIBADAHAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Pada Pengunjung Objek Wisata di Kabupaten Tanggamus)

Asrofi, Huda Hanafi (2023) PENGARUH PERSEPSI DAN PREFERENSI SARANA DAN PRASARANA PERIBADAHAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Pada Pengunjung Objek Wisata di Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi Asrofi huda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di dalam penelitian ini terdapat beberapa permasalahan seperti hasil penelitian yang tidak konsisten ada yang mendukung dan tidak mendukung bahwa persepsi, preferensi berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung yang juga di moderasi oleh variabel religiusitas , penulis juga melakukan survei secara online dan offline mengenai permasalahan apa saja yang dialami saat berwisata ke objek wisata yang ada di kabupaten Tanggamus, termasuk dari kurangnya sarana dan prasarana peribadahan . Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebar angket kuesioner secara offline di beberapa objek wisata yang ada di Tanggamus sebagai populasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden 100 ditentukan menggunakan rumus solvin , serta menggunakan Smart PLS 4 sebagai pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dan variabel preferensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Namun variabel religiusitas dan tidak memoderasi antara persepsi, preferensi, dan kepuasan pengunjung . Dalam perspektif bisnis Islam, persepsi sarana dan prasarana peribadahan sesuai dengan apa yang di inginkan pengunjung, objek wisata di kabupaten Tanggamus juga terus menjaga kepuasan pengunjung dengan benar-benar memberikan kualitas sarana dan prasarana yang ada, preferensi juga telah sesuai dengan ajaran Islam, sejalan dengan ajaran islam tentang hubungan manusia dengan dirinya dan lingkungan sosialnya, yaitu tauhid, keseimbangan, keinginan bebas, dan Tanggung jawab. Kata Kunci: Persepsi, Preferensi, Kepuasan Pengunjung, Religiusitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:53
Last Modified: 11 Oct 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30640

Actions (login required)

View Item View Item