STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KEDAI PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKETAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) (Studi Pada Adiksi Coffee Korpri di Bandar Lampung)

RICHA, KUSUMAWATI (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KEDAI PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKETAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) (Studi Pada Adiksi Coffee Korpri di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kopi merupakan salah satu komoditi hasil kebun yang turut menyumbang devisa negara cukup besar selain minyak dan gas. Negara Indonesia menempati posisi empat sebagai eksportir kopi terbesar pada Pasar Kopi Internasional. Indonesia menempati posisi yang lebih unggul dari pada India dengan nilai sebesar 4,07%, Honduras 3,8%, Peru 2,86%, Uganda 2,83%, Ethiopia 2,66%, dan Guatemala 2,5%. Seiring meningkatnya pendapatan masyarakat kelas menengah dan perubahan gaya hidup trend kopi diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Adiksi Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Bandar Lampung. Pertumbuhan perekonomian dan peningkatan konsumsi kopi di Bandar Lampung membuat industri kedai kopi juga meningkat. Sehingga memiliki daya tarik keunggulan dan peluang bisnis yang besar. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan model bisnis yang tepat untuk mempercepat dalam pengembangan bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis saat ini, merumuskan strategi alternatif dan membuat Business Model Canvas yang baru untuk pengembangan usaha di Adiksi Coffee. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Data kemudian di analisis secara kualitatif. Berdasarkan dari sembilan elemen di dalam business model canvas awal, dibentuk strategi alternatif sebagai strategi utama dalam merumuskan Business Model Canvas Adiksi Coffee yang baru. Hasil analisis penelitian yang didapatkan adalah strategi alternatif yang dapat dikembangkan Adiksi Coffee yaitu fokus pada pembuatan jaringan antar kedai kopi di sekitar Bandar Lampung, saluran pemasaran yang lebih terfokus, dan pembuatan standar layanan sesuai dengan protokol kesehatan. Strategi alternatif yang baru mampu mengintegrasikan seluruh elemen Businnes Model Canvas agar usaha bisa terus berkembang dan bertahan pada kondisi Covid-19. Kata kunci : Business Model Canvas, kedai kopi, strategi alternatif, covid-19 iv ABSTRACT Coffee is one of the plantation commodities that contributes quite a lot to the country's foreign exchange apart from oil and gas. Indonesia occupies the fourth position as the largest coffee exporter in the International Coffee Market. Indonesia occupies a superior position compared to India with a score of 4.07%, Honduras 3.8%, Peru 2.86%, Uganda 2.83%, Ethiopia 2.66% and Guatemala 2.5%. As the income of the middle class increases and lifestyle changes, coffee trends are predicted to continue to increase. Adiksi Coffee is a coffee shop located in Bandar Lampung. Economic growth and increased consumption of coffee in Bandar Lampung has also increased the coffee shop industry. So that it has the attractiveness of excellence and great business opportunities. Therefore, the right strategy and business model is needed to accelerate the business development. This study aims to map the current business model, formulate alternative strategies and create a new Business Model Canvas for business development in Addiction Coffee. This study uses data collection techniques in the form of observation, interviews and literature studies. The data is then analyzed qualitatively. Based on the nine elements in the initial business model canvas, an alternative strategy was formed as the main strategy in formulating the new Coffee Addiction Business Model Canvas. The results of the research analysis obtained are alternative strategies that can be developed by Addiction Coffee, namely focusing on creating a network between coffee shops around Bandar Lampung, more focused marketing channels, and establishing service standards according to health protocols. The new alternative strategy is able to integrate all elements of the Business Model Canvas so that businesses can continue to grow and survive in the conditions of Covid-19. Keywords: Business Model Canvas, coffee shop, alternative strategy, covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:26
Last Modified: 10 Oct 2023 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30604

Actions (login required)

View Item View Item