PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP SCIENCTIFIC INFERENCE SKILL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

ANISA, NABELLA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP SCIENCTIFIC INFERENCE SKILL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Scientific Inference Skill dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Perbedaan Gender Oleh: Anisa Nabella Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap scientific inference skill dalam pembelajaran fisika ditinjau dari perbedaan gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inquiry based learning terhadap scientific inference skill dalam pembelajaran fisika ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini melibatkan 74 siswa yang terdiri dari 35 laki-laki dan 39 perempuan. Desain penelitian eksperimen semu dengan non-equivalen control group design digunakan dalam penelitian ini. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MAN 1 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dengan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini adalah instrument test berupa soal scientific inference skill untuk mengukur kemampuan scientific inference skill peserta didik. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah model tersebut berpengaruh terhadap scientific inference skill peserta didik. Hasil analisis Kruskal-Wallis diperoleh nilai signifikan scientific inference skill sebesar 0,101 > 0,05 dan nilai signifikan gender sebesar 0,744 > 0,05, oleh karena itu, Ho diterima, dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis inquiry based learning tidak berpengaruh terhadap scientific inference skill dan perbedaan gender peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, Scientific Inference Skill, Gender

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:40
Last Modified: 06 Oct 2023 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item