PENGARUH LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG

YULIANA, DEWI (2023) PENGARUH LITERASI LINGKUNGAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPISI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPISI FULL YULIANA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra-penelitian di SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG Kab. OKU Timur menyatakan bahwa literasi lingkungan dan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis masih ditaraf yang cukup. Karena kurang tepatnya pada penggunaan model pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh literasi lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG. (2) Untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG. (3) Untuk mengetahui pengaruh literasi lingkungan dan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Regresi Linier Berganda. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG Kab. OKU Timur, dengan teknik mengumpulan sampel dengan cluster random sampling. Didapat sampelnya yaitu kelas VIII 1,2,dan 3. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda dengan taraf signifikan 0,05, maka diperoleh Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh literasi lingkungan dan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG KaB. OKU Timur. Kata Kunci : Literasi Lingkungan, Literasi Digital, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. ABSTRACT Based on the results of pre-research at SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG Kab. OKU Timur District, it is stated that environment literacy and digital literacy on the ability to think creatively mathematically are still at an adequate level. Because it is less precise in the use of learning models which results in students being less active during the learning process. The aims of this study were (1) to determine the effect of environmental literacy on students’ mathematical creative thingking abilities at SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG District, (2) to determine the effect of digital literacy on students’ mathematical creative thingking abilities at SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG, (3) to determine the effect of environmental literacy and digital literacy on students’ mathematical creative thingking abilities at SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG. The type of research is quantitative with the Multiple Linear Regression method. The population in this study were all class VIII students of SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG, using the cluser random samping technique to collect samples. The samples obtained were class VIII 1,2, and 3. The data analysis technique used the Multiple Linear Regression Test with a significant level of 0,05, then Ho was accepted. So it can be concluded that there is no influence of environmental literacy and digital literacy on students’ mathematical creative thingking abilities at SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG. Keyword : Environmental Literacy, Digital Literacy, and Mathematical Creative Thingking Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:26
Last Modified: 06 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30533

Actions (login required)

View Item View Item