HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BUAY MADANGTIMUR KABUPATEN OKU TIMUR PROVINSI SUMATERA SELATAN

SANIA, RAHMI AYUNINGTIYAS (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BUAY MADANGTIMUR KABUPATEN OKU TIMUR PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemandirian utama yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah kemandirian dalam belajar. Menurut Steinberg, kemandirian belajar adalah suatu hal yang penting dan perlu dikembangkan oleh peserta didik. Jika sikap kemandirian peserta didik dikembangkan dengan optimal, maka peserta didik dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan kemampuan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Sedangkan faktor yang berkaitan dengan kemandirian belajar salah satunya adalah self efficacy. Self efficacy merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar eseorang. Menurut Bandura, self efficacy merupakan suatu keyakinan seseorang akan kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertantu. Dengan kemandirian dan self efficacy yang tinggi peserta didik tidak akan bergantung dengan orang lain, sehingga peserta didik mampu memecahkan masalah secara individu. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya self efficacy dan kemandirian belajar peserta didik di Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar pada pembelajaran IPS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain korelasi. Penelitian ini dilakukan di 3 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Buay Madang Timur yaitu SDN Sumber Asri, SDN Kumpul Rejo dan SDN Campur Asri dengan sampel sejumlah 80 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan model skala Likert. Teknik analisis data dalam menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar pada pembelajaran IPS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,616 dengan nilai signifikansi 0,000, yang artinya semakin tinggi self efficacy yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula kemandirian belajar yang dimiliki siswa kelas IV, begitupun sebaliknya. Besarnya kontribusi self efficacy terhadap kemandirian belajar adalah sebesar 37,94%, sedangkan sisanya sebesar 62,02% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Self Efficacy, Kemandirian Belajar, Pembelajaran IPS iv ABSTRACT The main independence that must be possessed by students is independence in learning. According to Steinberg, learning independence is an important thing and needs to be developed by students. If the independence attitude of students is developed optimally, then students can complete the tasks given by the teacher with their own abilities without depending on others. While one of the factors related to learning independence is self-efficacy. Self-efficacy is one of the main factors that can affect a person's learning independence. According to Bandura, self-efficacy is a person's belief in his ability to organize and carry out a series of actions needed to complete a certain task. With independence and high self-efficacy students will not depend on others, so that students are able to solve problems individually. The problem behind this study is the lack of self-efficacy and learning independence of students in Buay Madang Timur District, East OKU Regency, South Sumatra Province. The purpose of this study was to analyze the positive and significant relationship between self�efficacy and learning independence in social studies learning of fourth grade elementary school students in Buay Madang Timur Subdistrict. The research method used is quantitative method with correlation design. This research was conducted in 3 elementary schools in East Buay Madang District, namely SDN Sumber Asri, SDN Kumpul Rejo and SDN Campur Asri with a sample of 80 students. The data collection technique in this study used a questionnaire with a Likert scale model. The data analysis technique in testing the hypothesis of this study is the product moment correlation formula. The results showed that there is a positive and significant relationship between self efficacy and learning independence in social studies learning of grade IV elementary school students in Buay Madang Timur District. This is evidenced by the product moment correlation coefficient value of 0.616 with a significance value of 0.000, which means that the higher the self efficacy of students, the higher the learning independence of grade IV students, and vice versa. The magnitude of the contribution of self efficacy to learning independence is 37.94%, while the remaining 62.02% is influenced by other factors. Keywords: Self Efficacy, Learning Independence, Social Studies Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:14
Last Modified: 03 Oct 2023 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30484

Actions (login required)

View Item View Item