PENGARUH NILAI BELANJA UTILITARIAN DAN NILAI BELANJA HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan PT.Inti Cakrawala Citra (Indogrosir) Bandar Lampung)

Laeli, Novita Sari (2023) PENGARUH NILAI BELANJA UTILITARIAN DAN NILAI BELANJA HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan PT.Inti Cakrawala Citra (Indogrosir) Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Laeli Novita Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari Laporan lembaga survei konsumen NielsenIQ bahwa, penjualan ritel makanan di indonesia pulih paling cepat dibandingkan kategori barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) lainnya. Pada tahun 2022, dikutip dari ceicdata.com penjualan ritel Indonesia dilaporkan naik sebesar 15.4% pada 2022-06 dari sebelumnya. Berdasarkan hasil pra riset yang penulis lakukan terhadap 61 responden, fenomena yang terjadi saat ini, kurangnya masyarakat Bandar Lampung dalam memutuskan pembelian makanan di Indogrosir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah nilai belanja utilitarian dan nilai belanja hedonis berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada masyarakat pelanggan PT. inticakrawala indogrosir bandar lampung dalam perspektif etika bisnis islam? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah nilai belanja utilitarian dan nilai belanja hedonis berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian ini adalah Masyarakat Bandar Lampung, dengan sampel 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa nilai belanja utilitarian, nilai belanja hedonis dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji mediasi mendapatkan hasil bahwa kepuasan pelanggan tidak memediasi pengaruh yang diberikan nilai belanja utilitarian dan nilai belanja hedonis terhadap keputusan pembelian (tidak berperan sebagai variabel mediasi) Kata Kunci: Kepuasan pelanggan, etika bisnis islam, keputusan pembelian, nilai belanja utilitarian, nilai belanja hedonis. ABSTRACT The background of this research is the NielsenIQ consumer survey institute report that food retail sales in Indonesia recovered the fastest compared to other fast-moving consumer goods (FMCG) categories. In 2022, quoted from ceicdata.com, Indonesia's retail sales are reported to have increased by 15.4% in 2022-06 from the previous year. Based on the results of the pre-research that the authors conducted on 61 respondents, the current phenomenon is the lack of people in Bandar Lampung deciding to buy food at Indogrosir. The formulation of the problem in this study is whether the value of utilitarian spending and the value of hedonic spending affect food purchasing decisions with customer satisfaction as a mediating variable in the customer community of PT. the core horizon of indogrosir bandar lampung in the perspective of Islamic business ethics? The purpose of this research is to find out whether the value of utilitarian spending and the value of hedonic spending influence food purchasing decisions with customer satisfaction as a mediating variable in the Perspective of Islamic Business Ethics. This research is a quantitative study using the Partial Least Square (PLS) analysis method. The population of this research is the Bandar Lampung community, with a sample of 100 respondents. Based on the research results, it was found that the value of utilitarian spending, hedonic shopping value and customer satisfaction had a positive and significant effect on purchasing decisions. The mediation test results show that customer satisfaction does not mediate the influence of utilitarian and hedonic shopping values on purchasing decisions (does not act as a mediating variable). Keywords: Customer satisfaction, Islamic business ethics, purchasing decisions, utilitarian spending values, hedonic shopping values.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:09
Last Modified: 03 Oct 2023 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30478

Actions (login required)

View Item View Item