PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN LOGO HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK DAN SKINCARE LOKAL DENGAN PRODUCT QUALITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Konsumen Generasi Milenial Di Bandar Lampung)

LISA, UTAMI PUTRI (2023) PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN LOGO HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK DAN SKINCARE LOKAL DENGAN PRODUCT QUALITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Konsumen Generasi Milenial Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LISA UTAMI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Produk kosmetik dan skincare lokal mulai banyak diminati oleh konsumen di duga hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti brand ambassador, brand image, product quality, celebrity endorser dan lain-lain. Hal tersebut juga di duga dipengaruhi oleh kesadaran konsumen akan pentingnya sertifikasi halal terhadap suatu produk, namun sayangnya masih banyak produk kosmetik dan skincare yang beredar di masyarakat namun masih belum memiliki sertifikasi yang jelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Brand Ambassador dan Logo Halal Berpegaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, dan apakah Product Quality mampu memoderasi hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 orang perempuan yang terbukti menggunakan termasuk ke dalam generasi millennial yang berdomisili di Kota Bandar Lampung. Metode analisis data menggunakan purposive sampling dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan kemudian data yang didapatkan diolah menggunakan software SmartPLS 3. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan uji hipotesis moderasi penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador dan logo halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand ambassador berpengaruh dengan arah positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimoderasi oleh product quality menunjukkan bahwa product quality mampu memoderasi brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan nilai original sampel adalah 0,129 dan nilai t-statistik moderating 2,573 > 1,98498 dan p value 0,010 < 0,05. Logo halal berpengaruh dengan arah positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimoderasi oleh product quality dan menunjukkan bahwa product quality tidak mampu memoderasi hubungan antara logo halal dan keputusan pembelian dengan nilai original sampel -0,050 dan t-statistik moderating 1,336 < 1,98498 dan p value 0,182 > 0,05. Dapat disimpulkan bahwa product quality tidak mampu memoderasi hubungan antara logo halal dan keputusan pembelian. Kata Kunci : Brand Ambassador, Logo Halal, Keputusan Pembelian, Product Quality iii ABSTRACK Local cosmetics and skincare products are starting to be in great demand by consumers, it is suspected that this is influenced by several factors such as brand ambassadors, brand image, product quality, celebrity endorsers and others. It is also suspected that this is influenced by consumer awareness of the importance of halal certification for a product, but unfortunately there are still many cosmetic and skincare products circulating in the community but do not have clear certification. The formulation of the problem in this research is whether Brand Ambassador and Halal Logo Affect Consumer Purchasing Decisions, and whether Product Quality is able to moderate the relationship between the independent variables and the dependent variable. This study uses a quantitative approach with a sample of 100 women who are proven to use the millennial generation who live in the city of Bandar Lampung. The data analysis method uses purposive sampling using Partial Least Square (PLS) and then the data obtained is processed using SmartPLS 3 software. Based on the results of hypothesis testing and moderation hypothesis testing, this study shows that brand ambassadors and halal logos have a positive and significant effect on purchasing decisions. Brand ambassadors have a significant positive effect on purchasing decisions moderated by product quality indicating that product quality is able to moderate brand ambassadors on purchasing decisions with an original sample value of 0.129 and a moderating t-statistic value of 2.573 > 1.98498 and a p value of 0.010 <0. 05. The halal logo has an insignificant positive effect on purchasing decisions moderated by product quality and shows that product quality is unable to moderate the relationship between the halal logo and purchasing decisions with an original sample value of -0.050 and a moderating t-statistic of 1.336 <1.98498 and a p value 0.182 > 0.05. It can be concluded that product quality is not capable of moderating the relationship between the halal logo and purchasing decisions. Keyword : Brand Ambassador, Halal Logo, Purchasing Decision, Product Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:38
Last Modified: 02 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30465

Actions (login required)

View Item View Item