PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY LEARNING (CCL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA

Dendi, Erfandi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY LEARNING (CCL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DENDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menginvestigasi pengaruh model pembelajaran CCL terhadap Pemahaman Konsep peserta didik dalam Gerak Melingkar dikelas X. Metode penelitian menggunakan quasy experiment dengan nonequivalent control group. Dua kelas dipilih sebagai sampel: kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen (menerapkan model pembelajaran CCL dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol (menerapkan pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui tes uraian dengan 7 butir soal terkait materi Gerak Melingkar. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan dari model pembelajaran CCL terhadap Pemahaman Konsep peserta didik. Analisis data menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), mengindikasikan pengaruh yang signifikan secara statistik. Hipotesis penelitian (H1) diterima, menunjukkan bukti empiris bahwa penggunaan model pembelajaran CCL dalam pembelajaran fisika, khususnya pada Gerak Melingkar, memiliki dampak positif yang signifikan terhadap Pemahaman Konsep peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model pembelajaran yang fokus pada kolaborasi dan kreativitas, serta pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruhnya terhadap pemahaman konsep peserta didik. Implikasi praktisnya adalah pentingnya menerapkan model pembelajaran CCL dalam pembelajaran fisika di tingkat pendidikan menengah, untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran CCL, Gerak Melingkar iii ABSTRACT This study investigates the effect of CCL learning model on students' concept understanding in circular motion in class X. The research method used quasy experiment with nonequivalent control group. Two classes were selected as samples: class X IPA 1 as the experimental class (applying the CCL learning model) and class X IPA 2 as the control class (applying conventional learning). Data were collected through a 7-item description test related to Circular Motion material. The results showed a significant effect of the CCL learning model on students' concept understanding. Data analysis showed a significance of 0.000 (p < 0.05), indicating a statistically significant effect. The research hypothesis (H1) is accepted, showing empirical evidence that the use of the CCL learning model in physics learning, especially on Circular Motion, has a significant positive impact on students' Concept Understanding. This research makes an important contribution to the development of learning models that focus on collaboration and creativity, as well as a deeper understanding of their influence on students' concept understanding. The practical implication is the importance of applying the CCL learning model in physics learning at the secondary education level, to improve students' concept understanding and learning outcomes. Keywords: Concept Understanding, CCL Learning Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:34
Last Modified: 29 Sep 2023 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30450

Actions (login required)

View Item View Item