IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PADA KEGIATAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

AGUNG, ARYA NUGRAHA (2023) IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PADA KEGIATAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung merupakan sebuah lembaga pembinaan/pendidikan yang mentransformasikan nilai keteladanan dari seorang ustadz/ustadzah kepada mahasantri, yang bertujuan untuk membentuk karakter para mahasantri agar dapat menjadi seorang yang baik akhlaknya dan juga pada segi keilmuannya. Dalam proses pelaksanaan muhadharah tidak terlepas dari parktik fungsi manajemen. Menurut pengamatan penulis, kegiatan muhadharah masih terdapat beberapa kekurangan didalamnya, oleh karena itu, penulis membuat penelitian dengan judul implementasi fungsi manajemen pada kegiatan muhadharah dalam meningkatkan keterampilan mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif, sumber data primer diperolah dari, Mudir Ma’had, mu’allim/mu’allimah dan para Mahasantri, sedangkan sumber data sekunder dari buku, jurnal, dan hasil penelitian dahulu yang relevan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan teori Milles dan Huberman, yakni reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan keterampilan para Mahasantri melalui kegiatan muhadharah dimulai dari perencanaan, dengan cara menentukan visi dan misi kegiatan, tema kegiatan, menentukan ketua dan para penanggung jawab acara serta steering comite, kemudian pengorganisasian, dimana yang mengorganisasikan kegiatan muhadharah adalah para mu’allim/mu’allimah, dan pemilihan para petugas dipilih dari para mahasantri, kemudian pelaksanaan dilakukan dalam waktu satu bulan sekali, waktu pelaksanaan ketika akhir pekan dimalam hari dimulai pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai, kemudian pengawasan yang dilakukan yaitu mengawasi para mahasantri yang tidak mengikuti proses latihan muhadharah, yang bermain-main ketika latihan hal tersebut dilakukan agar semua proses dapat berjalan dengan lancar guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kata kunci : Fungsi Manajemen, Muhadharah, Ma’had Al-Jami’ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:55
Last Modified: 26 Sep 2023 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30398

Actions (login required)

View Item View Item