PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MS GLOW DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung)

HIKMATUL, AINI (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MS GLOW DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK HIKMATUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Viral marketing merupakan teknik pemasar yang disampaikan dari satu konsumen ke konsumen lain melalui cara-cara digital. Sehingga banyaknya produk yang beredar dipasaran akan mempengaruhi minat seseorang untuk membeli suatu produk. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dengan rumusan masalah mengenai pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian Ms Glow, pengaruh viral marketing terhadap brand image, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian Ms Glow, serta pengaruh viral marketing dan keputusan pembelian Ms Glow terhadap brand image. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mediasi brand image terhadap viral marketing dan keputusan pembelian. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung sedangkan sampel penelitian diambil menggunakan rumus Slovin dimana sampel ini dihitung keseluruhan jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung lalu di bagi dengan rumus yang telah ditentukan sehingga mendapatkan sampel 97 sampel. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan, Viral marketing terhadap brand image menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan pada produk MS Glow terhadap brand image. Brand image terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif. Brand image mampu memediasi antara viral marketing terhadap keputusan pembelian menunjukkan pengaruh positif signifikan. Sehingga semakin tinggi produsen melakukan strategi viral marketing dan diimplementasikannya brand image maka akan mempengaruhi keputusan pembelian secara positif. Kata Kunci : Viral Marketing, Keputusan Pembelian, Brand Image. ABSTRACT Viral marketing is a marketing technique that is conveyed from one consumer to another through digital means. So that the number of products circulating in the market will affect a person's interest in buying a product. Based on this, research with the formulation of the problem regarding the effect of viral marketing on Ms Glow's purchasing decisions, the effect of viral marketing on brand image, the effect of brand image on Ms Glow's purchasing decisions, as well as the influence of viral marketing and Ms Glow's purchasing decisions on brand image. The purpose of this study was to determine the mediating effect of brand image on viral marketing and purchasing decisions. This research method is quantitative research. The population in this study were all students of the Faculty of Economics and Business, University of Lampung, while the research sample was taken using the Slovin formula where this sample was calculated for the entire number of students at the Faculty of Economics and Business, University of Lampung, then divided by the formula that had been determined to obtain a sample of 97 samples. The results in the study showed that the effect of viral marketing on purchasing decisions showed a significant positive effect. Viral marketing on brand image showed a significant positive effect on MS Glow products on brand image. Brand image has a positive effect on purchasing decisions. Brand image is able to mediate between viral marketing and purchasing decisions showing a significant positive effect. So that the higher the producer carries out the viral marketing strategy and the implementation of the brand image, the more positive the purchasing decision will be. Keywords: Viral Marketing, Purchase Decision, Brand Image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:52
Last Modified: 25 Sep 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item View Item