PENGARUH BRAND LOVE TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KOMUNITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI SUKARAME BANDAR LAMPUNG)

CHOIRULLY, AFDAN (2023) PENGARUH BRAND LOVE TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KOMUNITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI SUKARAME BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of CHOIRULLY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Samsung adalah salah satu merek smartphone terbesar yang ada di dunia khususnya di indonesia. Untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat ini, perusahaan harus meningkatkan kualitas produk dan juga memberikan penawaran yang bagus dalam pemasaran agar dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Dari sisi manajemen pemasaran, tidak terlepas dari bagaimana mengelola manajemen pemasaran, penjualan, dan promosi. Dalam pemasaran memiliki beberapa cara tertentu, salah satunya dengan menggunakan promosi dari konsumen langsung yang menyukai produk yang dipasarkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand love terhadap loyalitas merek dengan komunitas merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan analisis data bersifat kuantitatif. Dengan jumlah variabel bebas sebanyak 1 variabel yaitu brand love (X), 1 variabel terikat yaitu loyalitas merek (Y), dan 1 variabel mediasi yaitu komunitas merek (Z). Populasi dalam penelitian ini tak terhingga atau tidak diketahui yaitu jumlah pengguna smartphone samsung. Penentuan sampel untuk penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel, untuk menentukan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow, maka di temukan hasil 96 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumenter, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian data yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan hasil bahwa brand love dan komunitas merek memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas merek. Variabel brand love dan loyalitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap komunitas merek. Variabel Komunitas merek mampu memediasi pengaruh brand love terhadap loyalitas merek dengan model partial mediation Dengan objek pengguna smartphone Samsung di sukarame Bandar lampung. Kata kunci: Brand Love, Loyalitas Merek, Komunitas Merek. ABSTRACT Samsung is one of the biggest smartphone brands in the world, especially in Indonesia. To face this very tight competition, companies must improve product quality and also provide good offers in marketing in order to increase company productivity. From a marketing management standpoint, it is inseparable from how to manage marketing, sales and promotion management. In marketing, there are several ways, one of which is by using promotions from direct consumers who like the products being marketed. The aim of this study was to determine the effect of brand love on brand loyalty with brand community as a mediating variable. This study uses quantitative data analysis. With a total of 1 independent variable, namely brand love (X), 1 dependent variable, namely brand loyalty (Y), and 1 mediating variable, namely brand community (Z). The population in this study is infinite or unknown, namely the number of Samsung smartphone users. Determination of the sample for this study using a non-probability sampling technique, namely a sampling technique that does not provide an opportunity or opportunity for each member of the population to be selected as a sampl, to determine the number of samples using the Lemeshow formula, 96 samples were found. Collecting data using questionnaires, interviews, documentaries, and literature studies. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis. Based on data testing that has been carried out by researchers, the results show that brand love and brand community have a significant positive influence on brand loyalty. Brand love and brand loyalty variables have a significant positive effect on the brand community. The brand community variable is able to mediate the effect of brand love on brand loyalty with a partial mediation model with the object of Samsung smartphone users in Sukarame, Bandar Lampung. Keywords: Brand Love, Brand Loyalty, Brand Community.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:30
Last Modified: 20 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30310

Actions (login required)

View Item View Item