Pengaruh Promo Flash Sale dan Fasilitas Pembayaran Shopee Paylater Pada E-Commerce Shopee Terhadap Sikap Konsumtif Mahasiswa Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

MUHAMMAD, RIDHO RIZKY NANDA (2023) Pengaruh Promo Flash Sale dan Fasilitas Pembayaran Shopee Paylater Pada E-Commerce Shopee Terhadap Sikap Konsumtif Mahasiswa Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini e-commerce di Indonesia berada pada pucaknya, berdasarkan data dari GlobalWebIndex, Indonesia adalah negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada tahun 2019. Marketplace yang saat ini sangat diminati di kalangan milenial adalah Shopee.co.id, banyaknya kemudahan yang ditawarkan Shopee menimbulkan kecenderungan untuk melakukan pembelian secara terus-menerus tak terkecuali kalangan mahasiswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara promo flash sale dan fasilitas pembayaran shopee paylater terhadap sikap konsumtif mahasiswa dalam perspektif bisnis syariah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promo flash sale dan fasilitas pembayaran shopee paylater pada e-commerce Shopee terhadap sikap konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2019. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 93 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel flash sale dan shopee paylater secara parsial berpengaruh terhadap sikap konsumtif mahasiswa. Hal ini dilihat dari hasil pengujian pada variabel flash sale menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promo flash sale terhadap sikap konsumtif mahasiswa dalam perspektif bisnis syariah. Kemudian pada variabel shopee paylater menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas pembayaran shopee paylater terhadap sikap konsumtif mahasiswa perspektif bisnis syariah. Kata kunci: Flash Sale, Shopee Paylater, Sikap Konsumtif Mahasiswa. ABSTRACT Currently e-commerce in Indonesia is reaching its peak, based on data from GlobalWebIndex, Indonesia is the country with the highest e-commerce adoption rate in the world in 2019. The marketplace that is currently in great demand among millennials is Shopee.co. id, with the various conveniences offered by Shopee, creates a tendency to make continuous purchases, including students. The formulation of the problem in this study is whether there is an influence between flash sale promotions and shopee paylater payment facilities on the consumptive attitude of students from a sharia business perspective. This study aims to determine the effect of flash sale promotions and shopee paylater payment facilities on Shopee e�commerce on the consumptive attitude of students of the Faculty of Islamic Economics and Business UIN Raden Intan Lampung from a Sharia Business Perspective. This research is a field research (Field Research) and uses quantitative methods. The population in this study were all students of the Faculty of Islamic Economics and Business UIN Raden Intan Lampung Class of 2019. The type of data used in this study was primary data obtained through distributing questionnaires. The sample in this study were 93 respondents. The sampling technique was carried out by means of probability sampling. This study uses the Partial Least Square (PLS) based Structural Equation Model (SEM) analysis using the SmartPLS version 3.0 application. The results showed that the flash sale and shopee paylater variables partially affected the consumptive attitude of students. This can be seen from the results of testing on the flash sale variable indicating that there is a positive and significant influence between flash sale promos on student consumptive attitudes in the perspective of sharia business. Then the shopee paylater variable shows that there is a positive and significant influence between the shopee paylater payment facility on the consumptive attitude of students from a sharia business perspective. Keywords: Flash Sale, Shopee Paylater, Student Consumptive Attitude.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:59
Last Modified: 20 Sep 2023 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30291

Actions (login required)

View Item View Item