PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 1 NATAR

AJENG, PUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK NEGERI 1 NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AJENG PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil brlajar dan motivasi belajar merupakan hal yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran dimana kedua hasil ini memiliki hubungan yang signifikan, artinya semakin tinggi motivasi belajar peserta didik maka semakin baik hasil belajar peserta didik. Hasil belajar merupakan hasil kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan ilmu atau pengetahuannya saat menyelesaikan tugas atau soal pada saat proses belajar mengajar, hasil belajar yang tinggi didukung dari motivasi belajar yang baik. Motivasi belajar merupakan hasrat atau daya penggerak didalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar atau proses pembelajaran yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah kepada kegiatan belajar. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun pelajaran 2023/2024 menunjukan bahwa Motivasi Belajar dan Hasil Belajar peserta didik kelas X masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pndidik masih belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Inovasi metode pembelajaran diperlukan guna mendukung perkembangan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Dimana model pembelajaran ini lebih memfokuskan pada masalah agar peserta didik dapat mengkonstruksikan pengetahuannya dengan mengukur tingkat pemahaman menggunakan skala CTL yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI (2) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hadil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI (3) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif, tipe desain penelitin Quasi Experimental Design dengan populasi seluruh peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Natar, pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang menghasilkan dua kelas sebagai sampel dengan masing-masing diterapkan model pembelajaan Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas Eksperimen dan metode pembelajaran konvensional kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal hasil belajar dan angket motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Multivariate Analisis Of Varian (MANOVA) dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar peserta didik dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. ii ABSTRACT Learning outcomes and learning motivation are things that must be considered in the learning process where these two results have a significant relationship, meaning that the higher the student's learning motivation, the better the student's learning outcomes. Learning outcomes are the result of students' ability to apply their knowledge or knowledge when completing assignments or questions during the teaching and learning process. High learning outcomes are supported by good learning motivation. Learning motivation is the desire or driving force within students which gives rise to learning activities or learning processes that ensure continuity and provide direction to learning activities. Based on pre-research conducted at SMK Negeri 1 Natar, South Lampung Regency for the 2023/2024 academic year, it shows that the learning motivation and learning outcomes of class X students are still low. This is because educators still do not use varied learning models. Innovation in learning methods is needed to support the development of Learning Motivation and Learning Outcomes. One solution to overcome this problem is to use the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model. Where this learning model focuses more on problems so that students can construct their knowledge by measuring the level of understanding using a predetermined CTL scale. The aim of this research is to determine (1) the influence of applying the contextual teaching and learning model on learning motivation and student learning outcomes in PAI subjects (2) the influence of applying the contextual teaching and learning model on student learning outcomes in PAI subjects (3) ) The Effect of Implementing the Contextual Teaching and Learning Model on Students' Learning Motivation in PAI Subjects. The method in this research is quantitative, the research design type is Quasi Experimental Design with a population of all class and Learning (CTL) Experiment class and conventional learning methods Control class. Data collection techniques use test questions on learning outcomes and learning motivation questionnaires. Data analysis in this study used Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) with a significance level of 5%. Based on the results of the calculations that have been carried out, it can be concluded that (1) there is an influence of the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model on the Learning Motivation and Learning Outcomes of students with a significance value of less than 0.05, (2) there is an influence of the application of the Contextual learning model Teaching and Learning (CTL) on student learning outcomes with a significance value smaller than 0.05 and (3) there is an influence of the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model on student learning motivation with a significance value smaller than 0.05 . Keywords: Contextual Teaching and Learning, Learning Outcomes, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:44
Last Modified: 20 Sep 2023 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30287

Actions (login required)

View Item View Item