STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Wisata Pemandian Alami Way Penaga Di Desa Banjarmasin Kecamatan Penengahan Lampung Selatan)

SUNAINI, Turmin (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Wisata Pemandian Alami Way Penaga Di Desa Banjarmasin Kecamatan Penengahan Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SUNAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Obyek Wisata Pemandian Alami Way Penaga merupakan pemandian alam yang berada di Desa Banjarmasin, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Pemandian Alami Way Penaga adalah pemandian alami yang berasal langsung dari sumber mata air pegunungan. Latar belakang penulis meneliti masalah ini adalah pemandian ini belum berkembang, belum dikenal masyarakat luas sehingga belum banyak orang yang mengenal pemandian ini khususnya diluar kabupaten lampung selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana obyek wisata pemandian alami way penaga di desa banjarmasin berdasarkan analisis swot dan bagaimana strategi pengembangan obyek wisata pemandian alami way penaga dengan menggunakan analisis swot dalam perspektif bisnis islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis obyek wisata pemandian alami way penaga di desa banjarmasin berdasarkan analisis swot dan untuk menyusun strategi pengembangan obyek wisata pemandian alami way penaga dengan menggunakan analisis swot dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplorer, pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada pemilik, pengurus/pengelola, masyarakat dan pengunjung wisata pemandian alami Way Penaga. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Analisis SWOT dan menemukan empat srtategi dalam pengembangan objek wisata yaitu: Strategi SO,Strategi W-O, Strategi S-T, Strategi W-T. Ada beberapa strategi yang diterapkan untuk pengembangan objek wisata yaitu meningkatkan daya tarik wisata alam yang diciptakan Allah SWT dengan memanfaatkan perkembangan tekonologi dan, memanfaatkan tenaga kerja yang ada didaerah sekitar objek wisata dan meningkatkan kenyamanan suasana objek wisata dengan memanfaatkan destinasi yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip bisnis islam. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Obyek Wisata, Analisis SWOT iii ABSTRACT This The Way Penaga Natural Bathing Tourism Object is a natural bath located in Banjarmasin Village, Penengahan District, South Lampung Regency. Way Penaga Natural Baths are natural fresh and comes directly from mountain springs. The author's background in researching this problem is based on the problems that exist in the Way Penaga Natural Baths tourist attraction, namely these baths are not yet developed, not yet known by the wider community so not many people are familiar with these baths The formulation of the problem in this study is how the tourist attraction of Way Penaga Natural Bath in Banjarmasin Village is based on SWOT analysis and how the strategy for developing the Way Penaga Natural Bath tourism object uses SWOT analysis in an Islamic business perspective. The purpose of this research is to analyze the Way Penaga Natural Bath tourism object in Banjarmasin Village based on SWOT analysis and to develop a strategy for developing the Way Penaga Natural Bath tourism object using SWOT analysis in an Islamic business perspective. This study used a qualitative exploratory approach, data collection was carried out by distributing questionnaires to owners, administrators/managers, the public and visitors to the Way Penaga natural bathing tour. In this study the authors used SWOT analysis and found four strategies in developing tourism objects, namely: SO Strategy, W-O Strategy, S-T Strategy, W-T Strategy. There are several strategies implemented for the development of tourist objects, namely increasing the natural tourist attraction created by Allah SWT by utilizing technological and information developments to develop new tourist objects, utilizing the existing workforce in the area around tourist objects so that they can trigger the achievement of community welfare by relying on food products.. Keywords: Strategy, Development, Tourist Attractions, SWOT Analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:20
Last Modified: 19 Sep 2023 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30269

Actions (login required)

View Item View Item