PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS VIII

MUHAMMAD, RIFKI FADHILLAH (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MUHAMMAD RIFKI FADHILLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI KELAS VIII Oleh Muhammad Rifki Fadhillah Berdasarkan studi pendahuluan ini ditemukan bahwa kemampuan argumentasi dan keaktifan peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung masih tergolong rendah. Hal ini mungkin karena di sebabkan oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan YouTube terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VIII, (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan YouTube terhadap Keaktifan Peserta Didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung pada tahuan ajaran 2022/2023, dalam penelitian kali ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan jenis pre-test dan post-test. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII yang berjumlah 113 Peserta didik, sedangkan sampel yang dipakai dalam penelitian kali ini 2 kelas yang diambil dengan cara Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan argumentasi dan angket untuk mengukur keaktifan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Multivariate Analisys of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan YouTube Terhadap Kemampuan Argumentasi Dan Keaktifan Peserta Didik dengan perolehan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya iv yaitu Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan youtube terhadap Kemampuan Argumentasi dan Keaktifan Peserta Didik pada peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame. Kata Kunci : Discovery Learning, YouTube, Argumentasi, Keaktifan Peserta Didik. v ABSTRACT THE INFLUENCE OF YOUTUBE-ASSISTED DISCOVERY LEARNING MODELS ON STUDENTS' ARGUMENTATION ABILITY AND ACTIVITY IN BIOLOGY MATERIAL CLASS VIII By Muhammad Rifki Fadhillah Based on this preliminary study, it was found that the argumentation abilities and activeness of students at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung were still relatively low. This may be caused by choosing an inappropriate learning model. This research aims to find out (1) whether there is an influence of the discovery learning learning model assisted by YouTube on the argumentation abilities of class VIII students, (2) whether there is an influence of the discovery learning model assisted by YouTube on the activity of class VIII students. This research was carried out at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung in the 2022/2023 academic year. In this research, the Quasi Experiment method was used with a research design, namely Nonequivalent Control Group Design with pre-test and post-test types. The population used was class VIII, totaling 113 students, while the sample used in this research was 2 classes taken using Cluster Sampling. The data collection technique used is a test instrument in the form of essay questions to measure argumentation skills and a questionnaire to measure students' activeness. The data analysis technique used is Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). The research results show that there is a significant influence of the YouTube-assisted Discovery Learning Learning Model on Students' Argumentation Ability and Activeness with a significant score of 0.000 < 0.05. The conclusion is that there is an influence of the YouTube-assisted Discovery Learning learning model vi on students' argumentation abilities and student activity at MTs Muhammadiyah Sukarame. Keywords: Discovery Learning, YouTube, Argumentation, Student Activeness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:16
Last Modified: 19 Sep 2023 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item